Tanya Dokter

  • Gatal dan merah bekas cakaran kucing

  • Malam, dok. saya ingin bertanya mengenai gatal yang sudah berminggu-minggu di paha saya. 

    jadi waktu itu saya sedang bermain dengan kucing saya, lalu kena cakar di bagian paha saya. lama kelamaan luka itu jadi kering namun gatal di 2 titik bagian luka. saya ga sengaja garuk, lalu malah jadi bentol. saya kira bentol biasa. tapi di hari selanjutnya saya selalu ga sengaja garuk dan malah jadi merah menyebar --" ada 2 titik gatal dan jadi ada 2 tanda merah seperti bekas di gigit nyamuk namun lebih besar lagi. dan sekarang kulit diatasnya mengelupas seperti ganti kulit. itu kenapa ya dok?? 

    Halo,

    Kulit teriritasi yang kemudian terus digaruk dapat memicu infeksi pada permukaan kulit. Anda dapat mengalami kemerahan di kulit disertai rasa hangat, gatal, dan nyeri. Selanjutnya dapat timbul nanah, lenting-lenting dan pengelupasan kulit. Sebenarnya untuk memastikan hal ini diperlukan pengamatan langsung pada kulit yang terkena.

    Kemungkinan lain adalah timbulnya dermatografia yaitu penonjolan kulit yang terjadi beberapa menit setelah Anda menggaruk kulit. Kulit akan membengkak dan kemerahan diikuti rasa gatal, namun biasanya berlangsung selama 30 menit hingga 2 jam (membaik sendiri), pada kasus lebih jarang dapat berhari-hari.

    Penanganan luka infeksi disesuaikan dengan penyebabnya. Luka infeksi karena bakteri perlu dioleskan dengan krim antibiotik. Pada keadaan infeksi sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat diperiksa secara langsung.

    Berikut anjuran kami:

    • beri kompres dingin pada kulit beberapa kali sehari untuk mengurangi gatal dan peradangan
    • kompres antiseptik dapat dilakukan
    • usahakan untuk tidak menggaruk bagian yang gatal
    • mengelola stres yang dapat memperberat gejala, misalnya dengan berolahraga secara teratur

    Diskusi terkait: Bengkak di luka bekas cakar kucing

    Semoga membantu,

    dr.Mira