Tanya Dokter

  • Gatal pada vagina

  •  Tiaraidah
    Anggota
    Dok miss v saya mengalami gatal ni dok.. Di tambah lg keluar keputihan.. Dan air seni saya berbau busuk dok.. Saya juga menggunakan sabun pembersih miss v absolute.. Dok. Kadang sehari setiap saya buang air pasti saya pakai sabun pembersih ituu. . Kalau boleh tau apa penyebabnya dok

    Halo

    Gatal pada kemaluan tidak khas disebabkan oleh satu hal. Ada beberapa macam kondisi yang dapat menimbulkan keluhan gatal pada kemaluan, di antaranya yaitu:

    · Alergi, misalnya alergi terhadap celana dalam, sabun, atau produk perawatan vagina

    · Infeksi kuman, seperti virus, bakteri, atau jamur

    · Infeksi kutu pada vagina

    · Faktor haid (normal)

    · Stres psikis

    Penggunaan sabun pembersih vagina terlalu sering dinilai dapat menyebabkan vagina rentan terinfeksi. Sabun pembersih tersebut akan membasmi kuman normal yang ada di vagina. Kuman normal ini adalah pertahanan alami vagina yang mencegah pertumbuhan kuman penyakit sehingga apabila kuman normal tersebut dibasmi maka kuman penyebab penyakit pasti akan memudah infeksi vagina.

    Meskipun demikian tetap diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk mengetahui penyebab gatal pada vagina Anda. Penanganan terbaik nantinya akan disesuaikan dengan penyebab yang ditemukan. Infeksi jamur diatasi dengan antijamur, bakteri dengan antibiotik, virus dengan antivirus, dan begitu seterusnya.

    Beberapa tips sederhana mengatasi rasa gatal vagina:

    · Hindari menggaruk vagina. Garukan dapat menyebabkan luka lecet di vagina yang nantinya dapat diinfeksi oleh kuman penyakit.

    · Kompres vagina dengan kompres dingin pada area yang gatal.

    · Hindari membersihkan (mencuci) vagina terlalu sering. Cukup bersihkan vagina ketika mandi atau selesai buang air. Bersihkan dengan air bersih tanpa sabun khusus.

    · Keringkan vagina setiap selesai mandi atau buang air. Gunakan handuk yang bersih.

    · Hindari penggunaan pakaian dalam yang ketat.

    · Lakukan hubungan seksual yang aman (dengan 1 pasangan sah)

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil