Tanya Dokter

  • Pengobatan gatal di daerah kelamin hingga iritasi dan berdarah

  • Halo dok ?? Dulu pernah sembelum nya satu keluarga saya kena penyakit gatal yang amat parah,dan mencoba minum obat gatal yg di jual di pasaran alhamdulillah keluarga saya bnyak yg sembuh. Saya pun sempat juga sembuh seling kurang lebih 1 setahun penyakit gatal itu balik lg kesaya. Awal mula emang di kelamin itu, menyebar ke bagian leher.. namun saya obatin di bagian leher gatal agak berkurang namun gatal bagian kelamin makin parah bahkan iritasi berdarah. karna sering saya garuk katna amat gatal Mohon saran nya dok obat krim/obat pil apa yang harus saya pakai terimakasih.

    Halo Ian, Penyebab gatal ada bermacam-macam sehingga untuk menangani keluhan ini harus dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Apabila Anda hanya menangani gejala gatal ini tanpa mengatasi penyebabnya tentu saja gejala gatal ini akan muncul kembali. Ada beberapa penyebab gatal yaitu:

    • eksim atau dermatitis; adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan munculnya ruam kulit yang merah, kering, dan pecah-pecah yang disertai rasa gatal. Penyebab eksim tidak diketahui dengan pasti namun diperkirakan karena reaksi kekebalan tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap suatu pemicu. Pemicu yang dapat menyebabkan eksim misalnya lingkungan (udara panas atau dingin), paparan terhadap zat tertentu seperti detergen, paparan terhadap hewan, stres, infeksi saluran pernapasan atas, dan lainnya.
    • psoriasis; merupakan peradangan kulit yang menyebabkan penebalan kulit yang berwarna merah, berekrak, dan bersisik
    • folikulitis,yaitu adanya infeksi yang menyebabkan peradangan pada kelenjar / folikel rambut  di mana saja (termasuk rambut pubis). Bakteri yang umumnya menyebabkan hal ini adalah bakteri Staphylococcus aureus. Folikel rambut yang mengalami peradangan akan menimbulkan benjolan-benjolan kecil seperti jerawat yang berisi nanah
    • kudis atau skabies, yaitu penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarkoptes scabiei. Tungau ini akan masuk ke dalam kulit dan berkembang biak. Di daerah sekitar tempat bersarangnya tungau, akan timbul ruam merah yang gatal, terutama pada malam hari, dan ruam ini dapat menyebar. Pada dewasa, umunya ruam ini muncul pada sela-sela jari, ketiak, sekitar selangkangan, pergelangan tangan, siku, lipatan payudara, telapak tangan, kaki, bokong, dan kemaluan.
    • prurigo, yaitu benjolan kecil yang terasa sangat gatal yang biasanya banyak ditemukan pada anggota gerak
    • biang keringat
    • kulit yang kering
    • memiliki penyakit tertentu seperti diabetes, tiroid, dan lainnya
    Apabila Anda menceritakan bahwa sekeluarga Anda menderita gejala yang sama mungkin saja penyebabnya adalah kudis. Penyakit ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita atau memakai barang yang dipakai penderita misalnya pakaian, handuk, sprei. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu penyebab keluhan Anda. Semoga membantu. dr. Aloisia