Tanya Dokter

  • Gatal pada kulit dan kaitan dengan konsumsi obat TB

  •  Mahyuddin
    Anggota

    Assalamu 'alaikum Dok,

    Beberap bulan terakhir ini anak saya sering mengalami gatal seperti alergi tpi gejalanya berbeda pada beberapa tempat. Di bagian wajah muncul bintik seperti gigitan nyamuk lebih dari satu, di bagian perut dan punggung kulitnya kemerah2han tanpa bintik dan mata selalu merah. Kami sudah mencoba mengenali kira-kira dia alergi pada apa tpi sulit untk kami temukan penyebabnya. Oh ya Dok.... anak say ini mengkonsumsi obat paket paru selama 9 bulan. Kira-kira gejala apa Do?

     

     

    Dear Mahyuddin,

    Ruam merah pada kulit dapat disebabkan oleh:

    • efek samping pengobatan tuberkulosis
    • infeksi virus
    • folikulitis
    • acne
    • pityriasis rosea
    • rosasea
    • biang keringat
    • impetigo
    • furunkel
    • abses
    • angioma
    • gigitan serangga

     


    Anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan menganalisis gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda akan dokter berikan.

     

    Anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • hindari menekan atau memecahkan ruam tersebut
    • jaga senantiasa kebersihan kulit
    • hindari mencukur rambut terlalu dalam
    • atasi stres dengan bijak
    • kenakan pakaian yang menyerap keringat dan tidak ketat
    • perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan


    Artikel yang dapat Anda baca:

     

    Ruam kulit

     

    Semoga bermanfaat,

     

    dr. Rony Wijaya