Tanya Dokter

  • gatal pada miss V

  • Selamat pagi dok:) Saya ingin bertanya, sudah 2 hari ini saya merasa gatal pada mis V. Padahal saya sudah membersihkan nya menggunakan sabun kewanitaan dan air hangat.

    Hai, Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh adanya :

    1. Infeksi terutama jamur, umumnya infeksi jamur ini disertai dengan adanya keputihan kental berwarna putih susu dan tidak berbau, vagina pun akan berwarna merah karena reaksi radang yang ditimbulkan. Infeksi bakteri seperti trichomonas vaginalis, umumnya juga disertai dengan keputihan putih keabu-abuan, berbuih dan bau amis.
    2. Efek iritasi pada bahan kimia yang dapat ditemukan pada deterjen, sabun, cairan pencuci vagina, krim vagina, tisu toilet, produk mandi, produk kebersihan wanita dan produk kontrasepsi.
    3. Wanita dalam masa transisi menopause (perimenopause) juga dapat mengalami gatal-gatal pada daerah tersebut yang disebabkan kadar hormon estrogen yang naik turun. Ketika kadar estrogen menurun dinding vagina akan menjadi lebih tipis dan kering, sehingga dapat menyebabkan gatal.
    Kebiasaan mencuci vagina dengan cairan yang tidak tepat dapat menggangu kondisi alami daerah kewanitaan tersebut. Vagina kita mempunyai tingkat keasaman yang khusus yaitu memiliki pH antara 3,8-4,2. Jika pH kurang dari 3,8 maka akan tumbuh jamur sedangkan lebih dari 4,2 akan tumbuh bakteri penyebab infeksi. Penggunaan cairan cuci yang sembarangan dapat menganggu keseimbangan ini. Kondisi-kondisi tersebut dapat dicegah dengan menjaga kesehatan daerah kewanitaan. Untuk meredakan rasa gatal perlu diketahui penyebabnya, kunjungilah dokter untuk dapat diberikan penanganan lebih lanjut jika gatal yang Anda rasakan semakin hebat dan sangat menganggu. Hindari menggunakan bahan-bahan yang dapat membuat daerah kewanitaan Anda teriritasi atau alergi. Jagalah kebersihan vagina dengan menggunakan pencuci yang tepat dan yang terakhir hilangkan stress dengan membebaskan beban pikiran dari masalah. Anda juga dapat membaca artikel berikut : http://www.alodokter.com/menangani-vagina-gatal Semoga bermanfaat dr. Rievia