Tanya Dokter

  • Gatal pada sela jari yang kambuh

  •  Eman Wonoboyo
    Anggota

    Dok... Sudah 4 bulan sela jari saya ini gatal gatal... Waktu itu saya sempat sembuh setelah pergi ke dokter... Lalu stelah sminggu kemudian mulai tetasa gatal lagi Dan ada bentol kecil berisi air... Sbeleum saya sembuh dokter bilang itu scabies... Apa itu benar dok? Dan kenapa tangan saya terasa gatal kembali? Mohon penjelasanya

    Eman Wonoboyo  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Eman, Gatal-gatal pada sela hjari sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa kondisi :

    1. Scabies / kudis
    2. dermatitis : kontak dan iritan
    3. infeksi jamur
    4. infeksi bakteri
    5. dsb
    Akan tetapi, dari yang anda jelaskan, sangat mungkin itu adalah scabies. Scabies terutama mengenai sela-sela jari kaki dan tangan, perut bawah dan bokong serta sekitar kelamin. Wujudnya bervariasi, mulai dari kemerahan, bentol, pelenting, hingga erosi dan krusta (kerak). Terasa gatal, umumnya menjadi-jadi saat malam hari. Seringkali ada orang serumah yang juga mengalami hal yang sama. Selain dengan tanda fisik dan wawancara, jika diperlukan dapar dilakukan kerokan pada kulit dan diperiksa dengan mikroskop untuk mencari adanya scabies secara langsung. untuk itu, sebaiknya nada mengunjungi dokter kembali untuk memeriksakan keluhan anda. Pengobatan harus dilakukan dengan benar hingga benar-benar sembuh. Umumnya dengan menggunakan preparat yang dapat membunuh baik scabies dewasa maupun telurnya seperti gameksan atau permethin. Preparat sulfur mulai ditinggalkan karena hanya membunuh yang dewasa sehingga penyakit dapat kambuh kembali. Selain itu, penyakit ini mudah sekali menular pada orang lain ataupun menginfeksi ulang orang yang telah sembuh sehingga terkena skabies. Untuk itu, harus dilakukan beberapa hal :
    1. Lakukan instruksi yang diberikan oleh dokter
    2. Semua orang serumah yang mengalami gejala sama / mirip harus diobati
    3. jaga kebersihan rumah
    4. Cuci semua baju, linen, sprai dsb yang kontak dengan anda selama anda sakit dengan air panas untuk membunuh parasit
    5. jemur bantal dan kasur
    6. hindari saling bertukar handuk / pakaian
    Informasi lebih jauh dapat anda baca di : scabies / kudis diskusi scabies Demikian yang dpat sauya jelaskan, semoga bermanfaat.