Tanya Dokter

  • gatal di buah zakar hingga luka dan perih

  • dok? saya umur 30 tahun. smnjak saya berhubungan dgn istri 2 tahun silam.sexarang dah punya anak 1. tp akhir akhir ini.aku sering gatal pada bagian testis styap saya garuk. menimbulkan sakit dan luka.dan gatal yg menjalar.. karna saya emosi. saya oles pkai remason. rasanya malah tmbh parah. tp lain waktu saat ini saya mencoba gpu. saya merasa nyaman.walaw sakit dan gatal perih.. tp 2 jam stelah itu. saya merasa lega agak sedikit khawatir. apakah langkah saya itu nanti bs sembuh/ mmpengaruhi sel sperma saya ya dok. trims jawabannya dok..

    Hai Hendrix, Timbulnya rasa gatal di testis seperti yang Anda alami pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab berikut ini:

    Mengoleskan balsem memang dapat menimbulkan rasa panas di kulit sehingga dapat meredakan gatal yang timbul. Namun cara ini tidak dianjurkan karena dapat semakin memicu iritasi pada kulit yang gatal. Bila hal ini hanya satu-dua kali Anda lakukan maka tidak menyebabkan gangguan pada sperma, namun jika dilakukan dalam jangka panjang maka suhu panas yang ditimbulkan dapat saja mempengaruhi produksi sel sperma. Untuk dapat menentukan pengobatan yang tepat bagi Anda tentunya penyebabnya harus diketahui terlebih dahulu, dan hal ini hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan secara langsung/tatap muka oleh dokter. Mengingat keluhan sudah cukup mengganggu maka Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar penyebabnya dapat ditelusuri, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga kebersihan area kelamin
    • Kenakan pakaian dalam yang berbahan katun dan tidak ketat
    • Mengganti pakaian dalam secara teratur 2 kali sehari
    • Bersihkan dan keringkan area kelamin setiap kali sesudah mandi dan ke toilet
    • Hindari menggaruk area kulit yang gatal untuk mencegah iritasi kulit
    • Mandi air dingin atau kompres dingin dapat membantu meredakan gatal
    Informasi berikut ini dapat berguna: Penyebab gatal pada kemaluan Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman