Tanya Dokter

  • Penyebab dan cara mengatasi gatal pada vagina

  • mau tanya dok. Knp ya.. kok V saya gatal bnget. Sementara tidak keluar cairan dan rasa gatal itu tidak di dinding V. Rasa gatal nya kaya di dlm area V dok. Mohon bantuanya dok.. karena sangat gak nyaman sekali rasanya. Makasih dok.

    fb-dhenieztsari  Menanti Pagi
    Anggota

    Dheniezt Ratna Sari November 8, 2016 at 11:11 pm mau tanya dok. Knp ya.. kok V saya gatal bnget. Sementara tidak keluar cairan dan rasa gatal itu tidak di dinding V. Rasa gatal nya kaya di dlm area V dok. Mohon bantuanya dok.. karena sangat gak nyaman sekali rasanya. Makasih dok.
    Rasa gatal di dalam vagina bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jamur, infeksi dalam mis v, dan kutil kelamin. Kutil kelamin bisa menular dengan berhubungan intim atau pun dengan memasukkan sextoy(alat bantu masturbasi) yang tidak bersih. Ukuran kutil kelamin baik pada pria maupun wanita sangatlah kecil sehingga sulit untuk dilihat langsung. Oleh demikian rajinlah menjaga kesehatan vagina anda agar tidak terjangkit penyakit kelamin. Rutin membersihkan vagina dengan antiseptik, jangan sering mansturbasi, dan rutin mencuci CD dapat mencegah kutil kelamin. Jika anda merasa tidak aman, segeralah periksa ke dokter. Terima kasih!

    Ngomong msalah harus rutin membersihkan miss v nih. Aku mau nanyak??? Klo bersihinnya sampek msukin jari kita ke miss v nya boleh apa enggak ya?? Dan baik g buat kesehatan???

    Hallo Dheniezt,   Vagina gatal bisa karena banyak sekali faktor. Mulai dari kondisi organ intim Anda yang memang sedang bermasalah, kondisi medis lain seperti alergi berat dan beberapa faktor lainnya. Kondisi gatal tersebut sebaiknya diperiksa lebih lanjut oleh dokter agar bisa diperiksa dengan seksama. Faktor yang bisa menjadi penyebab rasa gatal tersebut antara lain adalah :

    1. Iritasi terhadap CD, pembalut, cairan pembersih atau sabun, dll
    2. Infeksi menular seksual = gonore, chlamidia dll.
    3. Infeksi jamur
    4. Alergi.
    5. Gigitan serangga atau kutu = skabies.
    6. Kondisi organ intim yang lembab.
    7. dll.
    Untuk meredakan rasa gatal tersebut, Anda dapat melakukan beebrapa tips seperti :
    1. Cuci bersih vagina dengan air suam kuku. Hindari sabun pembersih kewanitaan.
    2. Lap kering organ intim.
    3. Gunakan celana yang berbahan katun dan tidak ketat.
    4. Ganti CD jika basah atau kotor.
    5. Hindari menggunakan bedak talk untuk organ intim Anda.
    6. Minum obat pereda gatal (antihistamin) .
    7. Oleskan salef atau obat lain sesuai anjuran dokter.
    Jika rasa gatal tidak membaik dengan tips diatas maka lakukan pemeriksaan ke dokter kulit kelamin untuk pemeriksaan dan perawatan yang optimal. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Halo Vena defka,   Membersihkan organ intim sebenarnya tidak perlu dengan memasukkan jari atau melakukan douche. Bahkan berdasarkan penelitian terbaru melakukan douche (menyemprotkan cairan pembersih ke dalam liang vagina) justru bisa meningkatkan resiko infeksi pada organ intim Anda. Jika Anda belum aktif secara seksual maka hindari membersihkan organ intim dengan memasukkan jari Anda. Membersihkan organ intim diperlukan agar kondisi keseimbangan flora normal pada organ intim Anda tetap terjaga. Melakukan proses pembersihan yang berlebihan justru tidak memberikan efek positif seperti yang Anda harapkan. Namun bukan berarti Anda membersihkan organ intim asal asalan. Untuk membersihkan organ intim  yang perlu diperhatikan adalah :

    1. Gunakan air dingin atau suma kuku.
    2. Lakukan proses pembersihan searah dari depan ke belakang.
    3. Lap kering organ intim dengan gerakan searah dari depan ke belakang.
    4. Hindari penggunaan celana dalam terlalu ketat.
    5. Ganti pembalut Anda maksimal setiap 4 jam untuk mengurangi resiko radang atau infeksi lain.
    Semoga memperjelas.   dr. Yusi

    fb-dhenieztsari  Menanti Pagi
    Anggota

    Jika mis v anda benar-benar terasa gatal maka sebaiknya segera diperiksa kedokter, jika belum sempat ke dokter maka penanganan untuk sementara bisa diatasi dengan cara digaruk pelan-pelan. Jangan terlalu kuat menggaruk dan kuku tidak boleh panjang karena akan menyebabkan infeksi pada kulit mis v anda!

    Sok coli panginten tadi na :v Wkwkwk