Tanya Dokter

  • Gatal Pada Vagina Saat Hamil

  •  @tina
    Anggota

    Halo Dok,

    Saya mau tanya, saya mengalami gatal disekitar vagina tetapi tidak keluar keputihan kecuali setelah berhubungan badan. keputihannya berbentuk gumpalan kecil-kecil, berwarna putih dan tidak bau.

    Saya harus bagaimana ya Dok, apakah berbahaya. saat ini saya dalam keadaan hamil 19 w.

    Untuk pemakaian pakaian dalam bahan katun sudah saya lakukan, menjaga vagina tetap kering juga sudah dilakukan. terkadang sembuh tapi kadang muncul lagi.

    Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

    Hai Tina. Adanya keputihan yang berwarna putih dan tidak berbau paska melakukan hubungan seksual merupakan hal yang normal dimana keputihan ini sendiri adalah lendir serviks yang memang normal ada dimana sebagai perlindungan rahim terhadap kuman dan mengingat adanya kehamilan, sebagai benteng awal dalam melawan resiko infeksi dan mempersulit sperma masuk ke rahim. Keputihan dikatakan tidak normal jika berwarna di luar putih, gatal dan berbau dimana dapat disebabkan oleh infeksi, adanya penyakit menular seksual. 

    Sedangkan kondisi gatal pada saat kehamilan sendiri dapat dikatakan sebagai normal maupun tidak normal.  Normal dimana hal ini terjadi akibat pengaruh hormon estrogen saat kehamilan. Namun, terkadang, akibat pengaruh hormonal ini pula memicu terjadinya infeksi jamur terutama candidiasis

    Konsultasikan dengan dokter kandungan anda mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Menghindari penggunaan douche  atau cairan pencuci vagina atau dengan sabun berpewangi untuk mencuci daerah kewanitaan; gunakan pakaian terutama celana yang nyaman, jangan terlalu ketat, jaga higienitas derah kewanitaan dan jaga daerah tersebut tetap kering. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa