Tanya Dokter

  • gatal-gatal sampai kelamin

  •  Tri Winarno
    Anggota

    Dok saya mau tanya,saya punya penyakit gatal ,,kalau kumat gatel'a kmana2 nyampe di kelamin juga trus muncul benjolan merah berair,,,,jika digaruk kulit akan berwarna merah,...ini penyakit apa ya Dok dan gmna solusi'a,...sebab sudah 5 bln belom sembuh total, Terima Kasih.

    Hai,

    Gatal pada kulit dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

    • Impetigo
    • Dermatitis
    • Kudis (http://www.alodokter.com/kudis/)
    • Psoriasis (http://www.alodokter.com/psoriasis/)
    • Kurap (http://www.alodokter.com/kurap/)
    dan lain-lain

    Untuk memastikan penyebabnya diperlukan pemeriksaan fisik langsung agar dapat mengetahui karakteristik ruam dan benjolan merah berair yang Anda alami sehingga sebaiknya diperiksakan ke dokter mengingat sudah berlangsung selama 5 bulan. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter yang memeriksa Anda untuk menanyakan diagnosis dan rencana terapi yang terbaik oleh karena pengobatan terhadap pasien berbeda satu sama lainnya tergantung dari gejala yang muncul, penyebabnya serta tingkat keparahan dan kondisi medis pasien tersebut.

     

    Semoga lekas sembuh,

    dr.Debby Phanggestu

    Tri Winarno  Aini
    Anggota

    dokter,, saya punya penyakit kulit, sudah lama tidak kambuh.. tapi sejak sebulan yang lalu kambuh beberapa kali,, keluhannya gatal akibat gigitan nyamuk yang menjadi bentol dan ada nanah.. sudah priksa ke dokter, tapi beberapa hari setelah obatnya habis kok lansung kambuh lagi dokt.. bagaimana solusi agar sembuh total dan tidak kambuh dok?

    Hai Aini,

    Untuk mengetahui pengobatan dari suatu penyakit memerlukan serangkaian konsultasi untuk mengetahui riwayat penyakit yang disertai pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan tambahan lainnya yang menunjang suatu diagnosis.  Apabila keluhan yang Anda alami adalah gatal akibat gigitan nyamuk dan menjadi nanah maka dicurigai hal tersebut terjadi akibat gatal dikarenakan gigitan serangga yang digaruk sehingga terjadi infeksi. Namun untuk memastikannya dan pengobatannya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa Anda. Yang dapat Anda lakukan di rumah adalah :

    1. Menguras bak penampungan air secara rutin dan mengubur barang bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk

    2. Memakai lotion antinyamuk

    3. Memakai kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk saat tidur

    4. Hindari menggaruk area gigitan nyamuk yang terasa gatal

    5. Mengenakan pakaian longgar yang berwarna cerah

    6. Memasang kasa anti nyamuk pada saluran ventilasi dan jendela

    Info lebih lengkap mengenai cara menghindari gigitan nyamuk dapat Anda buka pada halaman berikut :

    http://www.alodokter.com/mencegah-gigitan-nyamuk

     

    Salam,

    dr.Debby Phanggestu

    Tri Winarno  Aini
    Anggota

    terima kasih dokter :)