Tanya Dokter

  • Gatal dan ruam merah pada bagian paha

  •  Vika Novika
    Anggota
    Dok, saya mau tanya. 2 hari yg lalu saya merasakan gatal yg luar biasa di paha bagian dalam saya. Lalu saya garuk sakik ga tahan gatalnya. Begitu selesai menggaruk muncul bintik" kecil gatal sekali. Sampai malam nya gatal tidak sadar saat tidur saya garuk. Dan makin gatal lalu berair. Bagaimana cara mengatasinya dok? Mohon bantuannya. Untuk saat ini saya gunakan salep miconazole. Apakah bisa efektif ya dok untuk mengobatinya? Mohon penjelasannya. Terimakasih

    Hai Vika

    Beberapa penyebab gatal pada sekitar paha antara lain:

    Obat mikonazole adalah obat antijamur yang hanya bermanfaat pada infeksi jamur. Ciri dari infeksi jamur biasanya bercak kemerahan melingkar, lebih merah pada tepinya, dan gatal terutama saat berkeringat. Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan langsung oelh dokter. Bukan tidak mungkin akibat kombinasi dari penyebab diatas, misal infeksi jamur dengan infeksi bakteri sekunder akibat luka garukan. Oleh sebab itu sebaiknya pengobatan tepat berdasarkan anjuran dokter setelah dilakukan pemeriksaan. Jenis pengobatan tergantung dari penyebabnya, misal bila disebabkan oleh infeksi bakteri maka diperlukan antibiotik. Penanganan sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gatal antara lain:

    • Tidak menggaruk bila gatal melainkan hanya mengusap karena menggaruk dapat menyebabkan gatal semakin terasa, dan berisiko terjadi infeksi bakteri akibat luka garukan.
    • Kompres dingin dengan kain tipis yang dibasuh air dingin pada bagian yang gatal.
    • Hindari pemicu gatal bila diketahui.
    • Tidak menggunakan celana yang terlalu ketat.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william