Tanya Dokter

  • gatal yang kian menjadi saat malam hari

  •  Rasta Vanjava
    Anggota

    uda 1minggu nih kulit lengan dan punggung saya gatal.. ada semacam benjolan kecil berair macam cacar air.. dan rasanya gatal sekali saat malam hari.. apakah saya alergi.. atau apa?? sementara ini saya belum konsumsi obat.. hanya saya oles minyak tawon aja.. tp tetep gatal

    Hai, Ada beragam penyakit yang dapat menimbulkan gatal pada kulit disertai dengan adanya benjolan-benjolan, diantaranya :

    1. Infeksi jamur - seperti candida, kurap (tinea)
    2. Infeksi virus - seperti cacar (vericella zooster), herpes
    3. Infeksi parasit - seperti kudis (skabies), pedikulosis
    4. Dermatitis numularis
    5. Dermatitis kontak alergi
    6. dan lainnya
    Gatal-gatal hebat yang terasa lebih berat ketika malam hari seringkali disebabkan oleh infeksi tungau yang bernama Sarcoptes scabei, penyakit ini kita kenal dengan istilah kudis atau nama medisnya adalah skabies. Pada skabies, tungau-tungau ini tinggal di lapisan bawah kulit, dan mereka menjadi aktif dan bekerja membentuk terowongan-terowongan di bawah lapisan kulit pada malam hari, sehingga manusia yang terinfeksi merasakan gatal yang sangat hebat. Selain menyebabkan gatal, infeksi ini dapat menyebabkan timbulnya bentol-bentol kecil pada tubuh dan berisi air. Namun, untuk memastikan penyebab yang sebenarnya dari gatal yang Anda alami tetap diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Tidaklah mungkin menentukan penyebab gatal hanya dengan konsultasi sepintas. Dokter perlu untuk melihat langsung bentuk ruam, melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang medis lain seperti pengecekan lab terhadap sampel kulit, tes tinta, dan lainnya. Untuk membaca lebih lengkap mengenai skabies / kudis anda dapat membuka halaman ini : kudis Pengobatan yang akan diberikan akan berbeda tergantung dengan apa yang terbukti menjadi penyebab dasar gatal-gatal yang Anda alami tersebut. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar gejala tidak menjadi lebih buruk :
    • jangan menggaruk kulit yang gatal, lebih baik diusap-usap
    • potong kuku agar tidak melukai kulit apabila ada refleks untuk menggaruk
    • selalu jaga kebersihan kulit
    • gunakan sabun yang ringan dan tidak mengiritasi kulit
    • kompres dingin pada area gatal
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.  

    Rasta Vanjava  Arief Satria
    Anggota

    Gejalanya sama persis seperti penyakit ibu saya, jd dok obatnya pa dok?