Tanya Dokter

  • Gatal-gatak di sekujur tubuh dan pengobatannya

  •  ima
    Anggota

    Dok, saya mengalami gatal2 di tangan kiri, paha dan betis sudah 2 bulan. Gatalnya luar biasa sampai saya tidak tahan untuk tidak menggaruknya. Awalnya gatalnya hanya terasa di dalam kulit. Sekarang sudah timbul bentol2 yang banyak kadang berisi air. Saya dulu pernah juga begini, terus diminumin obat. Bentol2nya tenggelam tapi masih ada terasa di dalam kulit. Sekarang saya tidak berani lagi minum obat. Paling saya beri salep atau minyak. Sebenarnya saya kenapa? Soalnya setiap kumat pasti tangan kiri dulu yang kena baru paha dan betis. Tangan kanan tidak pernah. Kalau periksa sebaiknya ke dokter kulit atau penyakit dalam? Karena saya takut organ dalam saya yang bermasalah.. Makasih dokter..

    Hai Ima Gatal-gatal pada kulit disertai bentol berisi air bisa disebabkan antara lain:

    • Alergi. Ini disebabkan adanya faktor pencetus alergi, misal seperti debu, cuaca dingin/panas, makanan laut, kontak bahan kimia tertentu,dll. Jika faktor pencetus alergi masih ada, gatal dan bentol dapat kambuh kembali. Untuk mengetahui pencetus alergi dapat dilakukan tes alergi pada kulit.
    • Infeksi jamur. Gatal biasanya pada daerah lembab seperti sela paha, kemaluan, lipat payudara, lipat ketiak. Dan gatal semakin hebat pada saat berkeringat.
    • Kudis. Disebabkan oleh tungau. Bisa pada sela jari, paha, tangan, kemaluan,dll. Biasanya gatal bertambah saat malam hari dan adanya anggota keluarga serumah yang mengalami gejala yang sama.
    • Infeksi bakteri. Biasanya gatal disertai dengan kemerahan yang terasa nyeri, dan kadang bernanah
    • Stres psikologis. Biasanya kambuh saat kelelahan atau sedang cemas.
    Untuk memastikannya Anda dapat memeriksakan ke dokter spesialis kulit. Mengenai penyakit yang dapat menyebabkan gatal dan cara penanganannya dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Risiko penyakit dibalik kulit gatal. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william