Tanya Dokter

  • Gejala penyakit scabies

  •  Lulu Fauziyah
    Anggota

    Malam dok, saya punya keluhan gatal-gatal yang hebat, gatal2 ini kadang2 menjadi bentol tapi kadang seperti bintik jerawat dan akhirnya menjadi ruam. Saya merasakan gatal2 ini seperti banyak binatang yang jalan di seluruh kulit saya, terutaman kaki, betis, telapak kaki, tangan, punggung, dan ini membuat saya susah tidur. Saya berpikir bahwa ini mungkin tungau scabies setelah menyamakan beberapa artike dan gejala saya. Tapi, hari ini saya konsultasi ke dokter karna takut memang terkena scabies, dokternya bilang ini bukan scabies bisa karna kutu atau serangga, cuma karena tidak ada gatal2&ruam pada pinggir2 jari, Sekarang gatal saya makin melebar ke telinga dan muka. Apa benar saya tidak terkena scabies? Mohon responnya, karna saya takut memang terkena scabies. Terimakasih.

    Halo,   Memastikan penyakit Anda skabies atau bukan memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung. Konsultasi semata saja tidak bisa menentukan dengan pasti penyebab gatal Anda skabies atau bukan. Skabies adalah infeksi kulit akibat gigitan kutu/ tungau sarcoptes scabiei. Biasanya menyerang orang dengan higiene rendah atau memiliki kondisi rumah yang buruk atau penghuni asrama/ pesantren yang tidak terjaga dengan baik. Baca topik Skabies. Skabies biasa menyerang 1 keluarga yang berada/ berkontak di ruangan tidur yang sama. Gejala skabies adalah :

    1. Rasa gatal yang sangat larah dan memburuk saat malam hari.
    2. gatal terasa biasa di organ intim, daerah lipatan dan kaki terutama disela jari tangan / kaki.
    3. memiliki bentuk seperti terowongan dengan ujung berbenjol kecil.
    4. Bintik bintik kemerahan yang sangat gatal.
    Baca gejala Skabies. Diagnosa skabies biasanya bisa ditentukan dengan pemeriksaan fisik jenis gatal Anda, menemukan adanya tungau sarcoptes pada bagian gatal Anda dll. Penanganan terbaik adalah dengan pemberian obat oles permetrin  yang dioleskan selama selang waktu tertentu tanpa dibilas (+- 24 jam) kemudian terapi bisa diulang sampai keluhan menghilang setelah beberapa hari kemudian (5-7 hari). Untuk pemastian penyebab gatal Anda sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit Anda, jika penanganan yang Anda dapatkan kurang memberikan efek seperti yang Anda inginkan maka Anda bisa melakukan konsultasi ulang untuk pemeriksaan dan pengobatan lanjutan. Baca topik Penyebab gatal. Semoga bermanfaat.   Dr. Yusi