Tanya Dokter

  • Penyebab gatal-gatal setelah nifas

  •  Fatshil
    Anggota

    Dok,sy habis melahirkan anak ke2 selesai nifas langsung gatal2 seluruh tubuh trus bila kena paru2 jadi batuk2,sudah 4 bulan sya merasakan ini.apa penyebabnya dok?sy sdh konsultasi dokter cma di kash obt,ktnya utk mengetahui alerginya apa harus bebas alergi dlu,pdhl sy sdh gak than kok bisa jdi begini penyebabnya apa ya dok?mhon penjelasanya?makasih

    Halo,   Gatal yang timbul bisa jadi disebabkan karena Anda mengalami urtikaria pasca persalinan akibat perubahan hormonal dan peregangan kulit berlebih paska persalinan. Hal ini bisa sangat menganggu dan menimbulkan keluhan seperti alergi dan biduran berkepanjangan. Stress juga dianggap menjadi salah satu pemicu terbanyak memburuknya rasa gatal pada ibu paska melahirkan. Namun rasa gatal pada tubuh juga bisa disebabkan hal lain seperti :

    1. Infeksi kutu.
    2. Dermatitis
    3. Penyakit lain = diabetes, gangguan tiroid, gangguan ginjal.
    4. Penyakit kulit = psoriasis, dll
    5. Urtikaria 
    6. Stress psikis
    7. dll
    Untuk itu maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi Anda yang sebenarnya. Berkonsultasilah secara seksama dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan terbaik untuk mengurangi rasa gatal Anda. Anda bisa melakukan sendiri beberapa langkah sederhana untuk mengurangi rasa gatal seperti :
    1. Mandi dengan air dingin / suam kuku.
    2. Lap kering tubuh Anda secara merata.
    3. Oleskan lotion calamin pada bagian yang gatal
    4. Hindari menggaruk bagian gatal.
    5. minum antihistamin seperti CTM.
    6. Kelola stress dengan baik.
    Baca topi Gatal setelah melahirkan. Semoga membantu.   dr. Yusi