Tanya Dokter

  • Gatal dan nyeri saat kencing

  • Dok, saya hamil 3 bln, saat bln ke 2 di area selangkangan itu gatal.... setelah gatalnya hilang saat pipis terasa nyeri, dan saya sering mual'', berbahayakah bagi kandungan atau bagaimana ???

    Dhiena'zt SHuarap'zt BUanget'zt  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Dhiena, Selamat atas kehamilan Anda. Kehamilan merupakan masa penyesuaian bagi seorang Ibu dimana pada masa ini sangat rentan terhadap infeksi. Pada masa kehamilan 3 bulan, umumnya perut sudah mulai membesar sehingga Ibu mulai mengeluh frekuensi buang air kecil meningkat.  Mual yang dialami (morning sickness) tidak seberat pada bulan ke-1 dan ke-2 kehamilan. Baca tautan mengenai kehamilan normal 2bulan dan 3bulan Beberapa infeksi yang sering ditemukan selama masa kehamilan antara lain:

    • Infeksi saluran kemih. Ditandai dengan rasa ingin buang air kecil, nyeri/ perih saat buang air kecil, warna urin keruh,dan bau urin menyengat, terkadang disertai dengan demam dan mual. Bila tidak diobati, dapat menyebabkan kelahiran prematur.
    • Vaginosis bakteri(BV), disebabkan oleh terganggunya keseimbangan bakteri di vagina. Ditandai dengan keputihan dengan bau tidak sedap . Berisiko kecil menimbukan komplikasi kehamilan.
    • Candidosis vaginalis, disebabkan oleh infeksi jamur. Ditandai dengan keputihan berwarna putih seperti "pecah susu", berbau, disertai gatal.
    Baca tautan mengenai infeksi selama kehamilan Sangat disarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Selama kehamilan, pemeriksaan kehamilan sebaiknya dilakukan rutin setiap bulan untuk memantau kesehatan ibu dan janin. Demikian, semoga membantu dr. Rico Novyanto