Tanya Dokter

  • Posisi tidur yang tepat untuk bayi

  •  GiTa Sawitri
    Anggota
    Halo dok, semoga semua dokter sehat selalu Saya mw tanya, anak saya umur 2 bulan tapi tidurnya kadang mereng kesamping seperti mw menyusu Apakah wajar atau tidak? Kalau dy tdur nyamping begitu apa qta harus membenarkan posisi jadi terlentang atau bagaimana? Apakah ada oengaruh bagi tumbuh kembangny? Terimakasi dok

    Dear Gita Sawitri,

    Posisi tidur bayi yang baik adalah dengan posisi terlentang. Hal ini dilakukan untuk menghindari Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau resiko kematian mendadak saat tertidur, di mana seringkali hal ini disebabkan oleh saluran nafas yang tersumbat.

    Apabila bayi Anda menyukai posisi tidur miring, hal ini merupakan hal yang diperbolehkan namun baiknya Anda melakukan pengecekan berkala adakah benda-benda disekitarnya yang dapat menyumbat saluran pernafasan atau kepala bayi terlalu miring atau posisi bayi berubah menjadi tengkurap.

    Untuk posisi tidur miring sendiri, yang dianjurkan adalah dengan miring ke sisi sebelah kanan, terutama jika anak menyusui sambil berbaring. Karena diketahui posisi miring kekanan menyebabkan pengosongan lambung lebih cepat sehingga dapat mencegah gumoh.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra