Tanya Dokter

  • Gejala apa?Demam, selera makan berkurang, mual dan diare

  • Dok saya mau tanya. 2 hr lalu saya demam lumayan tinggi. Selera makan saya berkurang, perut agak mual tp tidak muntah, BAB cair tp tidak sering.

    Keesokannya sembuh, tp BAB masih cair dan dada terasa sakit. Kalo jantung berdebar cepat, makin sakit. Kalo tidur hilang sakitnya, tp tak lama kambuh lgi. Sy konsumsi obat herbal & madu saja.

    Lalu hr ini, sakitnya hilang. Demam juga hilang. Hanya saja, BAB masih cair. Sy memang makan makanan padat sedikit, sisanya sy perbanyak minum.

    Itu gejala apa ya dok?

    Halo, Diare, merupakan kondisi dimana terjadi perubahan konsistensi feses (buang air besar), atau lebih dari 4 kali dalam sehari. Diare dapat disebabkan terutama oleh infeksi, yang lain adalah karena penggunaan obat tertentu, atau karena psikologis (emosi). Pada anak, diare juga dapat terjadi karena alergi susu sapi. Penyebab diare Berikut kondisi infeksi yang dapat menyebabkan diare, antara lain:

    • Infeksi Rotavirus
    • Infeksi E. coli
    • Amebiasis
    • Shigellosis
    • Infeksi Salmonella
    Demam merupakan salah satu respon tubuh terhadap infeksi mikroorganisme dari luar. Jika terdapat demam, kemungkinan terjadi infeksi, yang dapat menyebabkan diare. Gejala diare Tergantung pada frekuensi BAB, konsistensi feses, adanya lendir atau darah pada feses, dan gejala lain yang menyertai seperti perut melilit, baru dapat diketahui penyebab infeksi tersebut. Karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan konsultasi langsung dengan dokter. Jika perlu, dokter dapat menambahkan pemeriksaan feses rutin untuk mencari penyebab infeksi. Pengobatan diare Prinsip pengobatan diare adalah dengan mengganti cairan yang keluar melalui BAB dengan asupan air minum. Jika tidak dapat minum, misalnya karena muntah, barulah perlu dilakukan pemasangan infus pada rawat inap. Selain penggantian cairan, juga dapat dilakukan pemberian obat untuk memadatkan feses, misalnya kaolin dan pektin. Jika diare disebabkan oleh infeksi, penting untuk diberikan antibiotik untuk membasmi kuman, sesuai dengan jenis kuman penyebab diare. Pada kondisi diare, berikut yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan:
    • Minum air putih setiap kali BAB untuk mengganti cairan yang keluar
    • Makan makanan dengan porsi sedikit tapi sering
    • Menghindari makanan yang bersifat asam dan pedas
    • Konsumsi obat anti diare yang dijual bebas
    Apabila setelah melakukan langkah diatas diare tidak berkurang dan keluhan masih sama, sebaiknya Anda mengunjungi dokter terdekat. Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan memutuskan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha