Tanya Dokter

  • Penyebab tubuh terasa nyeri dan demam

  • Malam dok. Dari kemarin payudara terasa sakit, Tdi sepulang perjalan selama 2 jam perjalanan.. Badan saya jadi sedikit panas ( demam ) Dan sekarang semua badan saya sakit sakit semua nya. Kira kira itu gejala apa ya dok?? Terimakasih dok
    Nana Trisnawati  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Nana,

    Nyeri pada payudara dapat dipicu oleh banyak kemungkinan penyebab, jika pada wanita muda sering kali faktor hormonal menjadi penyebabnya dimana nyeri payudara ini dikatakan sebagai nyeri payudara siklik yang terkait dengan siklus menstruasi.

    Selain karena faktor hormonal akibat siklus menstruasi, beberapa kemungkinan lain yang dapat menjadi penyebabnya adalah karena adanya cedera pada area sekitar payudara, postur atau posisi tubuh yang kurang baik sehingga menimbulkan nyeri pada payudara dan area sekitarnya, benjolan pada payudara, infeksi pada payudara, penggunaan bra yang tidak nyaman seperti tidak sesuai ukuran ataupun bra yang bentuknya tidak nyaman, masalah ketidakseimbangan asam lemak.

    Badan pegal dan demam dapat dipicu kondisi medis lain seperti flu, infeksi pada saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, radang sendi, dan banyak pencetus demam lainnya. Hal yang dapat anda lakukan adalah dengan beristirahat dengan cukup, banyak minum air putih, tetap beraktivitas ringan, dan mengonsumsi obat pereda demam seperti paracetamol atau ibupropen. Jika demam menetap dalam tiga hari, periksakan diri pada dokter agar diketahui penyebabnya.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.