Tanya Dokter

  • Keluar butiran putih seperti agar-agar saat BAK

  •  habiebjust
    Anggota

    Selamat Pagi Dok,Saya Ingin Bertanya Mengapa Belakangan Ini Saya Pada Saat Buang Air Kecil Keluar Butiran-Butiran Putih Kecil Seperti Jelly,Dan Juga Pada Saat Saya Mengejan (BAB). Mohon Penjelasannya Dari Dokter Terima Kasih.

    habiebjust  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Habieb, Gejala yang anda alami kemungkinan besar merupakan suatu kondisi yang dikenal dengan sebutan congestive prostatitis. Kondisi ini terjadi akibat penumpukan cairan di kelenjar prostat. Sering terjadi saat seseorang mengalami rangsangan seksual yang cukup, tetapi tidak sampai ejakulasi, atau menahan ejakulasi saat hubungan seksual atau masturbasi. Dapat pula terjadi jika seseorang jarang sekali berejakulasi. PAda kondisi ini, prostat yang terstimulasi, akan tetapi menghasilkan cairan, yang umumnya kental, bening, dan berwujud seperti jelly. Saat anda mengedan atau BAB, feses yang lewat dalam rektum secara pasif seakan seperti 'mengurut' prostat dengan penumpukan cairan tersebut dan mendorong substansi 'seperti jelly' keluar, termasuk saat BAK, karena setelah dari kandung kemih, urin akan melewati saluran yanng dikelilingi prostat (urethra pars prostatika), sehingga butiran jelly itupun dapat ikut keluar. Akan tetapi tetap terdapat beberapa kemungkinan penyebab lain :

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan :
    • Gejala terkadang dapat mereda/hilang setelah ebberapa kali ejakulasi dan hindari terangsang secara seksual tanpa berejakulasi
    • berendamlah dalam air hangat 10-20 menit sehari
    • jika obesitas, kurangi berat badan
    • olahraga teratur, terutama jogging/jalan cepat dengan kecepatan reguler kira-kira 30 menit
    • batasi asupan alkohol
    Umumnya kondisi ini jinak, dan dapat mereda/hilang dengan upaya diatas. Perlu dicatat, kondisi seperti ini jika berkepanjangan dapat menjadi faktor resiko infeksi. Jika dalam beberapa hari gejala bertahan, atau terdapat tanda tanda seperti : nyeri, demam, anyang-anyangan, urin berbau, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter, khususnya ahli urologi. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.  

    habiebjust  habiebjust
    Anggota

    Tadinya Saya Sangat Khawatir Sebab Hal Tersebut Baru Saya Alami. Tetapitanda tanda seperti : nyeri,saya Alami Bagaimana dok? Terima Kasih Banyak Dr.Rico Novyanto Atas Informasinya.