Tanya Dokter

  • Gejala penyakit ditandai dengan sering keringat dingin dan sakit pada tenggorokan

  • Dok, mau tanya.

    Kenapa ya dok saya suka keringet dingin tapi hanya bagian lekukan lutut, telapak kaki suka agak dingin dari bagian lain dan keringet dikit tapi kadang paha juga keringet dikit, lalu akhir2 ini saya sering muncul luka tanpa sebab dan agak susah menutup kembali, warna lukanya merah untuk skrg hanya di pundak kanan dan belakang telinga kanan, dan sudah 3 hari tenggorokan saya seperti ada luka kecil tapi tidak mengganggu sih dan lidah seperti luka tanpa sebab di bagian garis tengahnya jadi agak mengganggu saat makan. Kira2 gejala apa ya dok?

    Halo, Berkeringat merupakan respon tubuh untuk menjaga suhu tubuh tetap normal ketika suhu lingkungan lebih tinggi dari suhu tubuh. Terdapat jutaan kelenjar keringat di seluruh permukaan tubuh kita, namun pada beberapa orang bisa saja terdapat variasi lokasi kelenjar keringat yang lebih banyak atau lebih aktif di bagian-bagian tertentu. Pada beberapa orang juga rangsangan yang ringan dapat menyebabkan keluar keringat. Luka yang lama sembuh bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

    Dari penjelasan di atas dapat dimengerti bahwa banyak faktor yang perlu diperiksa untuk mengetahui penyebab kondisi yang Anda keluhkan. Untuk mengetahui jenis luka tentu saja perlu dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Sebaiknya pemeriksaan dokter juga disertai pemeriksaan penunjang lain seperti pemeriksaan laboratorium darah untuk melihat apakah ada kemungkinan kelainan sistem pertahanan tubuh maupun kelainan darah. Dari faktor-faktor tersebut, hal yang bisa dimodifikasi adalah dari asupan nutrisi dan aktivitas. Jaga agar luka tetap bersih, makan makanan yang bergizi seimbang, hindari rokok dan alkohol, serta jaga gaya hidup aktif dengan rutin berolahraga. Semoga membantu, terimakasih