Tanya Dokter

  • Sakit datang bulan yang parah

  • dok, saya wanita berumur 21 thn. saya sering kali merasakn sakit di bagian bawah perut saat datang bulan, sampai" saya gak bisa beraktifitas. jangankan untuk itu, untuk meluruskan badan saja gak bisa saking sakit nya. malahan saat saya keputihan pun perut bagian bawah saya sering sakit & ngerasa ngilu, serasa ada yg ketarik dari bagian bawah ke atas. & yg paling penting ahid saya tuh gak pernah tuntas, maksudnya paling lama 3 hari itu pun darah yg keluarnya tak seberapa. bisa dibilang gak lancar juga. & masa haid saya tuh sekitar 35 hari kadang lebih. itu kenapa ya dok????

    terimakasih . . .. . .

    Hai Siti Pada wanita usia muda dapat terjadi nyeri haid (dismenore) terutama pada saat 1-2 hari pertama. Ini disebabkan oleh:

    • Kontraksi rahim
    • Proses peradangan
    • Hormonal.
    Berat ringannya nyeri dapat berbeda antar waktu dan tergantung dari individu. Umumnya ini merupakan hal yang normal dan bukan karena disebabkan oleh suatu penyakit, yang disebut sebagai dismenore primer. Namun bila Anda disertai gejala keputihan, siklus haid tidak teratur, dan nyeri berkepanjangan, ada baiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan USG, untuk mengetahui apakah adanya kelainan rahim atau indung telur seperti pada penyakit: Nyeri haid yang disebabkan oleh penyakit disebut sebagai dismenore sekunder. Keputihan dapat normal terjadi sebagai respon dari leher rahim untuk mencegah infeksi dan juga akibat hormonal. Ciri-ciri dari keputihan normal, antara lain:
    • Jernih, sedikit
    • Tidak disertai nyeri atau gatal
    • Tidak berbau.
    Bila tidak memenuhi ciri diatas, ada kemungkinan keputihan disebabkan oleh suatu yang tidak normal yang paling sering diakibatkan oleh infeksi. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut: Penyebab nyeri haid yang tidak tertahankan. Penyebab keputihan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    oh jadi kalau saat keputihan suka merasakan sakit itu berarti ada infeksi gitu?? karna ternyata sakit saat hari pertama bila keputihan saya lebih sakit di banding sakit saya saat haid pertama.. kira" apa yg saya harus lakukan agar rasa sakit itu bisa saya atasi & tidak mengganggu aktivitas saya nantinya?? terimakasih...