Tanya Dokter

  • gejala apakah sakit di perut kiri bawah?

  •  Heryunita
    Anggota

    Dok,saya pr usia 20 tahun, perut bagian kiri bawah saya sering tiba2 sakit,dubur saya jg sering sakit tiba2,kmrin kluar sangat sedikit darah,utk infrmsi,mens saya tidak lancar,trkdg 4 bln skli,.apakah bisa dideteksi dok dr pnjlsn sya?kalau bisa apa obatnya? Apa harus operasi?

    Halo,   Nyeri perut kiri bawah pada wanita bisa disebabkan karena :

    1. Radang usus buntu.
    2. radang usus
    3. Konstipasi yang bisa menimbulkan komplikasi wasir.
    4. Kista ovarium
    5. Penyakit radang panggul
    6. Infeksi saluran kemih
    7. Batu saluran kemih
    8. dll.
    Untuk mengetahui sumber keluhan Anda maka pemeriksaan secara seksama akan diperlukan ke dokter. Dokter akan melakukan tes fisik berdasarkan keluhan Anda dan melakukan tes medis yang perlu seperti USG, Rontgen, tes darah, CT SCAN dll jika perlu. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Untuk membantu mengurangi nyeri perut, Anda bisa melakukan kompres hangat pada perut yang nyeri, minum obat paracetamol, banyak makan sayur dan buah, menempelkan koyo dll. Permasalahan gangguan menstruasi Anda bisa saja berkaitan dengan keluhan nyeri perut Anda ini, maka sebaiknya periksakan dulu kondisi Anda ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan organ reproduksi Anda. Baca topik mengenai gangguan menstruasi dan Nyeri perut kiri bawah. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Heryunita  Heryunita
    Anggota

    Halo dokter, terkait keluhan saya sebelumnya ternyata benar saya terkena usus buntu dan sudah dioperasi bln juni 2016 karena sakit yg tk bs ditahan lagi . Lalu perut kiri sudah tdk sakit lg. Namun sakit di dalam anus masih terasa ,apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya dok? Mens saya masih tdk teratur .apa berkaitan dengan penyakit saya diatas? Trims atas waktu dokter .