Tanya Dokter

  • Dada sesak dan nyeri ulu hati apakah gejala asma?

  •  Hasnimar
    Anggota

    selamat pagi dok, saya mau bertanya. kalau tanda- tanda ashma itu gejalanya apa saja ? jika setiap saya menangis, dada saya suka sesak. apa itu bisa disebut gejala ? lalu, ulu hati saya suka sakit. ashma itu terjadi karena bawaan lahir atau mungkin bisa menyerang di umur belasan tahun ?

    Hello, Penyakit asma merupakan penyakit yang didasari oleh reaksi alergi. Walaupun pada penderita asma biasanya memiliki riwayat keluarga alergi yang serupa, namun hal tersebut tidak selalu ditemukan pada seluruh penderita asma. Pada penderita asma, jika tubuhnya terpajan zat-zat alergi, maka saluran nafasnya akan menyempit dan akan bergejala sesak nafas. Penyakit asma dapat terjadi pada semua golongan usia dan jenis kelamin. Berikut adalah gejala-gejala yang dapat ditumbulkan bila menderita penyakit asma:

    1. Batuk-batuk terutama malam dan subuh
    2. Sesak nafas hingga keluar bunyi suara mengi
    3. Dada terasa penuh
    4. Biasa sesak dipicu oleh aktivitas dan zat alergi
    5. Tangan dan bibir membiru jika berat
    6. Gelisah
    7. dan lainnya
    Memang tidak tertutup kemungkinan bahwa penyakit asma mungki dapat diinduksi oleh stress. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter Anda, sehingga dokter dapat memeriksa dan menentukan apakah sesak dada dan nyeri ulu hati yang Anda rasakan merupakan penyakit asma atau bukan. Anda dapat membaca laman berikut ini untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai penyakit asma: http://www.alodokter.com/asma Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean