Tanya Dokter

  • Penyebab batuk sudah 1 bulan

  • Selamat malam dokter, saya I Gede Aries Suartama mau bertanya sekaligus sharing, dokter saya punya nenek dan nenek saya menderita batuk kisaran sebulan itu batuk kering tak berdahak dan tak sembuh-sembuh yang mana juga membuat badan nenek saya menjadi kurus, nah selama sebulan itu setelahnya sudah diperiksa ke Rumah Sakit salah satu di kota saya, dan pada saat di periksa itu juga di rontgen nenek saya dan hasilnya tidak kenapa tidak ada masalah pada organ dalam nenek saya, dan pas beberapa bulan kemudian  penyakit nenek saya kambuh dan di bawalah ke puskesmas terdekat, dan pada saat ke puskesmas perawat sana menyuruh untuk membawa hasil rontgennya ke puskesmas itu sendiri dan hasilnya perawat sana bilang kalau nenek saya menderita kelainan paru, nah yang ingin saya tanyakan apa ada hubungannya batuk berbulan dengan kelainan paru

    Halo Aries Suartama, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Batuk adalah suatu cara tubuh untuk mempertahankan diri dari masuknya kotoran, kuman, dan zat-zat asing dari dalam saluran nafas. Secara umum batuk dapat dibedakan menjadi batuk akut, batuk subakut, atau batuk kronik. Batuk akut adalah batuk yang terjadi kurang dari 3 minggu, batuk subakut adalah batuk yang terjadi antara 3 hingga 8 minggu, dan batuk yang terjadi lebih dari 8 minggu disebut sebagai batuk kronik. Bila batuk anda telah berlangsung sekitar 1 bulan, mungkin batuk yang dialami nenek anda tergolong batuk subakut atau batuk kronik. Berikut ini adalah penyebab batuk subakut dan batuk kronik:

    • Infeksi saluran nafas dan paru oleh bakteri seperti TBC, infeksi jamur, dan lain-lain. Infeksi paru oleh TBC biasanya memberikan beberapa gejala sebagai berikut:
    1. batuk lama yang berlangsung lebih dari 3 minggu, tidak sembuh dengan pengobatan biasa
    2. batuk disertai darah
    3. demam
    4. keringat malam
    5. penurunan berat badan
    6. sesak nafas dan nyeri dada
    7. badan lemah dan cepat lelah
    • Bronkitis kronis atau reaksi peradangan pada bronkus (saluran nafas kecil) di dalam paru yang biasanya terjadi pada perokok. Penyebab lain bronkitis kronis adalah paparan zat-zat yang dapat mengiritasi saluran nafas seperti polusi, zat kimia tertentu, infeksi saluran nafas berulang, penyakit genetik tertentu seperti cystic fibrosis, dan lain-lain.
    • Post nasal drip atau cairan dari hidung yang turun ke tenggorokan. Post nasal drip ini dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan batuk. Post nasal drip sering ditemukan pada orang dengan alergi, rinitis, dan sinusitis. Beberapa gejala post nasal drip antara lain keluar cairan terus menerus dari hidung, hidung tersumbat, serta sensasi cairan mengalir di belakang tenggorokan.
    • Asma. Asma juga merupakan salah satu penyebab tersering batuk subakut dan kronik pada orang dewasa. Gejala asma biasanya adalah sesak nafas dan mengi (bunyi ngik-ngik saat bernafas). Meskipun demikian ada juga salah satu varian asma dimana satu-satunya gejala yang ditemui adalah batuk. Batuk pada asma terutama terjadi pada kondisi dingin, udara kering, serta saat mencium aroma tertentu.
    • Bronkitis eosinofilik atau peradangan kronis pada saluran nafas bronkus yang mirip dengan asma, namun tidak berkaitan dengan pemicu tertentu seperti pada asma.
    • GERD atau refluks asam lambung yaitu asam lambung yang naik lagi ke atas esofagus. Gejala utama GERD adalah rasa terbakar di dada serta rasa pahit dan asam di mulut dan dapat disertai juga dengan batuk. Pada beberapa orang, batuk adalah satu-satunya gejala dari GERD. Beberapa gejala lain yang dapat ditemukan pada GERD antara lain nyeri ulu hati, perut begah, dan kembung.
    • Penggunaan obat penurun tekanan darah ACE-inhibitor, yang merupakan penyebab batuk kering paling sering pada orang dengan darah tinggi
    • Kanker paru. Gejala yang dapat ditemukan pada kanker paru antara lain:
    1. batuk lama yang progresif atau bertambah parah
    2. batuk disertai darah
    3. sesak nafas dan nyeri dada
    4. rasa cepat lelah dan lemas
    5. penurunan berat badan
    6. penurunan nafsu makan
    7. ujung-ujung jari yang menjadi besar (clubbing finger)
    8. bengkak pada wajah, leher, dan lengan atas
    9. sakit kepala
    10. nyeri pada tulang
    11. perubahan suara
    12. kesulitan menelan makanan
    13. dan lain-lain 

     

    Kelainan pada paru memang dapat menyebabkan terjadinya batuk yang terjadi berbulan-bulan. Namun untuk memastikan diagnosis, ada baiknya anda kembali memeriksakan nenek anda ke dokter di rumah sakit atau ke dokter spesialis paru. Dokter dapat menanyakan lebih lanjut perihal gejala-gejala batuk yang dialami nenek anda, gejala lain yang menyertai, riwayat penyakit dahulu, riwayat obat yang diminum, riwayat merokok, riwayat paparan zat kimia tertentu, dan lain sebagainya. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan paru secara langsung dan melakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan antara lain  pemeriksaan darah, pemeriksaan dahak, rontgen paru, tes fungsi paru, atau CT scan bila memang diperlukan. Dengan menemukan diagnosis yang sesuai, nenek anda akan mendapat terapi yang lebih sesuai dan efektif untuk mengobati batuknya. Segera periksakan nenek anda  ke dokter bila mengalami gejala-gejala berikut:

    1. Batuk disertai sesak nafas memberat
    2. Batuk disertai darah
    3. Terdapat demam tinggi
    4. Terjadi penurunan berat badan yang signifikan

     

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala batuk antara lain:

    1. Hindari merokok termasuk paparan terhadap asap rokok
    2. Jaga kebersihan rumah dan menghindari paparan terhadap debu
    3. Makan makanan bergizi seimbang dalam jumlah cukup
    4. Banyak minum air putih hangat 
    5. Menggunakan pelembab udara atau humidifier
    6. Tidur dan istirahat secukupnya
    7. Bila batuk sangat mengganggu, nenek anda juga dapat meminum obat batuk  yang dapat dibeli dengan bebas di apotek

     

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia