Tanya Dokter

  • Gejala awal rabies setelah digigit kucing

  • Pagi. Tolong di jawab ya dokter. Umur saya sekarang masih 14 tahun kelas 3 smp. Sudah 4 hari yang lalu saya digigit kucing. Kucing liar, entah berapa umurnya. Dia selalu datang ke rumah saya untuk nyari makan. Saya nggak tau dia rabies atau tidak. Saya digigit di tangan kanan. Awalnya tdk terasa apa apa. Namun skrng lukanya menjadi bengkak, perasaan saya selalu gelisah, dan baru saja saya merasa pusing. Saya takut terkena rabies. Menurut dokter apa saya terkena rabies? Jika benar, apa yg hrs saya lakukan?

    Hai, Luka yang  membengkak kemungkinan adalah infeksi akibat gigitan kucing. Segera kontrol ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat dan mencegah komplikasi. Sampai saat ini belum ada tes untuk membuktikan seseorang menderita rabies akibat gigitan binatang.Rabies diketahui setelah virus sudah masuk ke tubuh dan menimbulkan gejala. Gejala awal dari rabies :

    1. Tubuh yang terasa lemas dan atau dingin
    2. Sakit Kepala
    3. Demam
    4. Gelisah
    5. Tidak nafsu makan
    6. Sulit tidur
    7. Rasa sakit dan kesemutan pada area yang terinfeksi
    2 - 10 hari gejala awal, kondisi pasien akan memburuk seperti terihat lebih agresif atau terlihat lemas dan tak dapat mengerakan otot-otot tubuhnya. Penanganan terhadap gigitan binatang :
    1. Segera bersihkan luka gigitan dengan air yang mengalir
    2. Penyikatan dengan sikat halus dapat dilakukan selama pembilasan
    3. Biarkan luka tetap terbuka dan segera ke dokter. Mungkin dokter akan memberikan immunoglobulin dan vaksin rabies
    Baca juga artikel tentang Rabies   Salam, dr. Agnes Maureen