Tanya Dokter

  • gejala-gejala depresi

  •  iola fatima
    Anggota
    halo, dok. saya mahasiswa berumur 19 tahun. sejak semester 3 (6 bulan lalu), saya merasa mengalami gejala depresi. mulai dari gejala psikis maupun fisik. tapi saya belum pernah memeriksakan diri ke psikolog ataupun psikiater. pertanyaan saya, apakah depresi dapat terbukti dengan diagnosis yang saya lakukan sendiri? dan apakah depresi dapat sembuh tanpa mengkonsumsi obat?

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang sedih, tidak ada motivasi, tidak tertarik untuk melakukan kegiatan, menyalahkan diri sendiri, penurunan nafsu makan, adanya gangguan tidur. Keluhan-keluhan ini berlangsung lebih dari 2 minggu baru dikataka depresi. Untuk menentukan apakah Anda depresi atau bukan memang sebaiknya Anda memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan psikiater atau dokter spesialis kejiwaan. Keluhan-keluhan yang juga mirip dengan keluhan depresi adalah : 

    1. Gangguan penyesuaian

    2. Gangguan bipolar

    3. Stres pasca trauma

    Oleh karena itu Anda sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter. Pengobatan depresi bergantung dari depresi. Jika masih ringan maka dapat diterapi dengan tanpa obat. Beberapa anjuran untuk Anda : 

    1. Hindari stres berlebih

    2. Luangkan waktu Anda untuk melakukan hobi Anda 

    3. Anda dapat memanfaat waktu Anda untuk berkumpul dengan keluarga dan sahabat

    4. Lakukan olahraga teratur

    Semoga membantu

    Salam

    dr.Angga