Tanya Dokter

  • Apakah gejala HIV bisa langsung muncul di area bibir atau lidah setelah terjangkit?

  •  Lucky luke
    Anggota

    malam dokter..saya dendy. saya mau tanya..apakah 4-5 hari setelah kegiatan beresiko..apakah gejala hiv langsung muncul bibir dan lidah sakit dan putih tebal..tolong penjelasannya dok..

    Hai, Gejala awal HIV timbul dalam 2-4 minggu setelah terinfeksi HIV. Pada tahap awal, muncul gejala seperti flu, yaitu demam, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, atau sakit tenggorokan. Walaupun terdapat penderita yang tidak memiliki gejala. Dalam 4-5 hari setelah kegiatan berisiko, biasanya gejala HIV belum muncul. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membaca pada halaman HIV. Lidah putih juga dapat disebabkan oleh:

    • higiene rongga mulut yang kurang baik
    • infeksi bakteri atau jamur
    • dehidrasi
    • konsumsi alkohol, merokok
    • kanker lidah
    Jika keluhan masih dirasakan, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang seperti tes darah, dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga dapat diberikan penanganan sesuai dengan penyebab dasarnya.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto

    Lucky luke  Lucky luke
    Anggota

    terima kasih atas jawabannya dok..hal ini memmbuat saya sedikit tenang...saya ada baca bahwa untuk mengetahui terinfeksi atau tidak virus hiv dapat dilakukan test darah namun membutuhkan waktu 3-8 minggu untuk test antibodi..saya berencana untuk.test viral load hiv1 rna..yang ingin saya tanyakan 1. hari keberapa dari tindakan berisko test viral load hiv 1 rna pcr dapat dilakukan? 2.apakah lidah terasa pahit.dan setiap saya buang dahak terasa sangat asin dahaknya,ini termasuk gejala hiv? terima kasih.saya sangat mengharapkan jawabannya..

    Hi, Tes viral load HIV merupakan pemeriksaan untuk mengetahui berapa banyak jumlah partikel virus HIV dalam darah, pada individu yang didiagnosa HIV. Pemeriksaan ini dapat digunakan untuk memonitor perkembangan terapi. Tes viral load dilakukan tiap 3-6 bulan sebelum memulai pengobatan HIV yang baru, dan 2-8 minggu setelah memulai atau mengganti obat HIV, hingga viral load tertekan. Lidah terasa pahit dan dahak yang asin, biasanya jarang menjadi gejala HIV. Untuk mendiagnosa HIV, dapat dilakukan dengan tes antibodi HIV. Gejala HIV yang sering muncul diantaranya demam, ruam di kulit, nyeri tenggorokan, nyeri sendi/ otot, penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas, diare kronis, pembesaran kelenjar getah bening, infeksi jamur pada mulut/ tenggorokan.   Salam, Dr. Jessica Winoto

    Lucky luke  Lucky luke
    Anggota

    malam dok.terima kasih atas jawabannya..pertanyaan terakhir saya,apakah sebelum terdiagnosa bisa melakukan tes ini (hiv rna1) tentunya dgn meminta rujukan dokter..dan apakah bisa terdeteksi (bila ada atau terinfeksi),terima kasih dok,saya sangat cemas..