Tanya Dokter

  • gejala HIV tahap pertama

  •  Adhi
    Anggota

    Siang dok bilah hiv tahap pertama apakah gejalahnya akan langsung muncul semua dok atau bertahap

    Halo,   Gejala HIV memiliki tahapan tahapan, yang pada tiap tahapan bisa saja gejala muncul berbarengan atau tidak tergantung dari kondisi imunitas pasien. Namun semua gejala biasanya berjangka panjang sehingga bisa saling tumpang tindih antara gejala satu dan yang lainnya. Tahapan gejala HIV adalah :

    • Tahap 1 = biasa tanpa disertai gejala yang khas, pada beberapa orang kadang timbul gejala seperti flu yaitu rasa sakit kepala, pegal, batuk pilek yang akan sembuh setelah beberapa hari bahkan tanpa pengobatan sama sekali. Namun virus akan terus memperbanyak diri dan menyerang antibodi penderita. Antibodi HIV baru muncul 3 bulan pasca expose.
    • Tahap 2 = beberapa tahun kemudian (8-15 tahun) muncul gejala seperti demam > 1 bulan yang tidak jelas penyebabnya, Diare > 1 bulan tanpa sebab jelas, Batuk > 1 bulan dengan gambaran paru normal, penurunan berat badan yang drastis tanpa diet ketat, kelainan kulit dll yang bisa saja timbul bersamaan. Pengobatan biasanya tidak berefek terhadap gejala HIV.
    • Tahap 3 = Infeksi menjalar ke kulit, paru (mudah terserang TB, Pneumonia dll), mudah terserang infeksi jamur, Infeksi pada otak dan organ lain.
    Pengobatan antiretroviral sejak dini bisa membantu seorang penderita HIV menjadi lebih sehat dan tidak mudah terinfeksi oleh penyakit, namun menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat juga berperan penting selain dari terapi dengan obat obatan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi