Tanya Dokter

  • Apakah ini gejala HIV?

  •  Edmund Putera
    Anggota

    Pagi Dok, saya laki laki 19 thn

    Saya memiliki kecurigaan atas gejala gejala yang sedang saya alami saat ini dok. Begini deskripsi nya saya buat sejelas mungkin agar mempermudah dokter dalam menjawabnya ..

    Jadi 3 minggu lalu saya sempat oral bersama kawan saya (LSL)  dan mengkonsumsi (maaf) air maninya.

    Kemudian lusanya saya merasa nyeri diketiak kiri saya, awalnya saya kira hanya pegal pegal biasa setelah renang yg cukup lama, saya periksakan kedokter dan sampai sekarang masih dalam proses pengobatan  pembengkakan kelenjar getah bening.

    Yang saya takutkan adalah, apakah ini termasuk dari salah satu gejala HIV? Soalnya saya sempat demam tinggi, sempat menggigil hebat dimalam hari (1 kali), namun saya tidak flu dan tidak mengalami gejala gejala lainnya.

    Walaupun kondisi tubuh saya semakin membaik sampai sekarang (sejak 3 hari yang lalu mulai membaik) hanya tersisa nyeri diketiak kiri saja.

    Kira kira bagaimana ya dok? apakah ini termasuk gejala HIV?

    Trims Dok telah meluangkan waktunya.

    Halo, Gejala infeksi HIV muncul dalam 3 fase, yaitu fase akut, fase laten, dan fase AIDS. Gejala yang muncul pertama adalah pada fase akut yang timbul 2-4 minggu setelah infeksi. Biasanya ditandai dengan gejala yang tidak khas seperti demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, nyeri sendi, dan kelelahan. HIV dapat menular melalui pertukaran cairan tubuh. Termasuk pada hubungan seksual secara oral bila terdapat luka di area mulut. Menurut penelitian sampai saat ini resiko tertular HIV secara melalui hubungan seksual oral sangat kecil walaupun masih bisa terjadi. Untuk mengetahui seseorang terkena infeksi HIV tidak cukup dari gejalanya saja tetapi harus melalui tes antibodi HIV. Tes ini sebaiknya dilakukan 4 minggu setelah kemungkinan tertular. Bila hasilnya negatif, konfirmasi ulang 3 bulan setelah pemeriksaan. Pastikan pasangan Anda pun diperiksa. Pemeriksaan ini dapat dilakukan di klinik VCT yang biasa terdapat di rumah sakit umum. Semoga membantu, terimakasih

    Edmund Putera  Edmund Putera
    Anggota

    Trims dokter atas responnya, saya sangat menghargai hal ini. Oh ya dok, sementara itu ada hal yg bisa saya kerjakan untuk menekan / mengantisipasi hal ini jika seandainya terjadi? Trims dok