Tanya Dokter

  • tanda dan gejala HIV/AIDS

  •  Nita bonita
    Anggota
    Slamat malam dok, dok saya punya adik berumur 19 tahun.. Adik saya awal nya di vonis sakit paru paru, lalu tipes dan paru paru lagi, kemarin abis di rawat di rumah sakit jakarta, dokter memvonis adik saya lagi terkena HIV, gejala nya demam, kaki nya kemarin tiba tiba lemes sampai tidak bisa jalan sendiri, lidah putih putih, badan lemas berat badan menurun, sempet juga mencretmencret, tapi skrg sudah tidak mencret mencret lagi dok.. Dok mohon di jwb pertanyaan saya, saya bingung adik saya itu sakit apa.. Apakah benar benar itu sudah positiv terkena HIV??

    Dear Nita,

    Diagnosis HIV dapat ditegakkan dengan pemeriksaan antibodi terhadap HIV. 3 bulan sejak kontak berisiko terakhir, pemeriksaan ini dapat dilakukan. Waktu 3 bulan dibutuhkan bagi sistem imun untuk memproduksi antibodi terhadap HIV bila memang terinfeksi virus ini. Bila hasilnya negatif, ulangi 3 bulan lagi. Bila hasil pemeriksaan kedua tetap negatif, maka orang tersebut tidak terinfeksi HIV.

    Bila hasil pemeriksaan ini positif, maka orang tersebut terinfeksi HIV. Gejala awal HIV mirip dengan gejala flu biasa dan dapat disertai gejala tambahan seperti diare, berat badan yang menurun, nyeri otot, nyeri sendi, muncul ruam pada kulit, dsb.

    Bila HIV sudah memasuki stadium AIDS, di mana gejala penyakit menjadi sulit untuk disembuhkan dan berlangsung lama akibat melemahnya sistem imun.

    Berikut artikel yang bisa Anda baca:

    HIV/AIDS

    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya