Tanya Dokter

  • tubuh lemas hingga sulit tidur dan kesemutan

  • Tekanan sistol diastol saya 92/50 dan detak jantung 91bpm... saya merasa lemas sekali, tidak bisa tidur, merasa kedinginan, tangan kesemutan, ulu hati sakit (disertai mual).. Gejala apa ya ini???

    Eileen yang baik,

    berdasarkan keluhan yang Anda kemukakan, satu-satunya kesimpulan yang dapat diambil ialah bahwa Anda memiliki tekanan darah rendah. Namun demikian tekanan darah rendah dapat merupakan penyakit dengan banyak penyebab, dan dapat juga merupakan salah satu gejala dari penyakit lain. Tekanan darah rendah sendiri dapat disebabkan oleh volume cairan yang kurang, gangguan irama jantung, atau masalah pada kontraksi jantung. Tentu hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut terlebih bila disertai keluhan lain seperti sulit tidur, rasa kedinginan dan kesemutan, dan nyeri ulu hati. Nyeri ulu hati sendiri dapat disebabkan oleh masalah pada lambung dan lainnya. Kumpulan gejala rasa tidak nyaman ini dapat pula disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur maupun parasit. 

    Untuk saat ini rekomendasi kami ialah agar Anda mengunjungi dokter dan menjalani serangkaian pemeriksaan yang lebih lengkap agar dapat menentukan diagnosis dan penanganan yang tepat. Kemukakan secara lengkap keluhan Anda disertai pola makan, buang air besar dan kecil, serta penyerta lain seperti demam, sesak napas, nyeri pada bagian tubuh tertentu. Konsumsi cairan yang cukup serta penuhi kebutuhan nutrisi dengan buah dan sayuran seperti jeruk, tomat, dan paprika. Berikut kami lampirkan artikel mengenai infeksi. Semoga dapat bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief