Tanya Dokter

  • luka di mulut rahim dan gejala kanker serviks

  •  Agus Laturupa
    Anggota

    Ass..Dokter saya mau bertanya.. Istri saya mengalami haid tdk teratur sjak 1 thn yg lalu..dan skarang ini setiap kali kami berhubungan intim ia merasakan sakit dan mengeluarkan darah serta mengalami keputihan yg banyak..dan terasa nyeri di bagian panggul, perut. Kami sda memeriksakan ke dokter ahli kandungan dan melakukan Papsmir di prodia.dan dokter mengatakan ada yg luka di mulut rahim..apakah itu sda di katakan kanker serviks..dan langkah apa yg harus kami lakukan...? mohon penjelasanya. Trima kasih.

    Agus Laturupa  Agus Laturupa
    Anggota

    Dokter tolong saran dan masukannya..Trima kasih.

    Hai, Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Leher rahim adalah daerah yang menghubungkan antara vagina dan rahim. Apabila menderita kanker serviks pada tahap awal kadang-kadang seorang wanita tidak menunjukan gejala apapun. Namun, umumnya wanita dengan kanker serviks akan mengalami gejala :

    1. perdarahan dari vagina di luar menstruasi, seringkali terjadi setelah berhubungan seksual
    2. cairan keputihan yang berbau aneh, berwana merah muda atau kecoklatan larena bercampur darah
    3. rasa sakit saat berhubungan seksual
    4. perubahan pada pola siklus menstruasi
    Apabila mengalami gejala-gejala tersebut umumnya dokter akan menyarankan untuk dilaukan screening melalui pap smear. Perlu diingat, pap smear bukanlah suatu tes untuk mendiagnosis kanker serviks, melainkan suatu metoda tahap awal untuk 'menyaring' adanya kelainan pada bagian serviks. Jika hasil pap smear menunjukan adanya kelainan, maka Anda harus segera menemui dokter sepsialis kebidanan dan kandungan (obgyn). Dokter Obgyn akan melakukan tes untuk memastikan apakah istri Anda menderita kanker serviks atau tidak dengan biopsi. Biopsi adalah mengambil sedikit sampel jaringan dari bagian leher rahim (serviks) untuk selanjutnya diperiksa sel-selnya dibawah mikroskop. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah ada sel kanker disana. Biopsi yang biasa dilakukan ada beberapa cara :
    1. metoda kolposkopi - dengan alat kolposkop dengan lampu diujung, daerah vagina hingga serviks dipantau apakah ada kelainan, apabila ada sampel jaringan akan diambil dari daerah kelainan tersebut
    2. cone biopsy - mengambil sedikit jaringan dengan bentuk kerucut dari bagian luar leher rahim ke bagian dalam
    Apabila sel kanker ditemukan pada saat biopsi, maka diagnosis kanker serviks baru dapat ditegakan. Selain biopsi juga mungkin dokter akan meminta pemeriksaan penunjang lain seperti CT scan, MRI, dan lainnya.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Agus Laturupa  Agus Laturupa
    Anggota

    Trima kasih dok..atas penjelasanya...dan saya minta tolong dok untuk memberikan rekomendasi kira2 dokter siapa yg bisa saya kunjungi dan di daerah mana.. untuk periksakan istri saya ke tahap selanjutnya..