Tanya Dokter

  • Berhubungan badan 6 bulan lalu dan peluang terinfeksi HIV

  •  jond
    Anggota

    dok mau tanya. misalkan berhubungan badan tanpa pengaman 6 bulan yang lalu. kapan seseorang dapat terinveksi hiv? apa bisa jika seseorang berhubungan 6 bulan yng lalu dapat terkena gejala gejala hiv sekarang ?

    Halo, Penularan virus HIV dapat terjadi jika melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi virus HIV atau berhubungan seks dengan pasangan yang berganti-ganti tanpa menggunakan pengaman (kondom). Pada umumnya sampai tiga atau enam bulan setelah masuknya virus HIV, belum tentu virus tersebut bisa ditemukan dalam tubuh tetapi walaupun belum bisa terlihat seseorang yang sudah tertular HIV bisa menularkan kepada orang lain. Seseorang dapat dipastikan menderita HIV setelah dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium darah yaitu tes antibodi HIV. Di indonesia tes antibodi HIV yang tersedia adalah ELISA, hasil yang positif ditunjukan bila ada cukup banyak antibodi di tubuh yang dapat di deteksi. Tubuh memerlukan waktu 4 minggu untuk mulai membentuk antibodi terhadap virus HIV dan waktu 4 bulan hingga cukup banyak antibodi yang bisa terdeteksi, jadi sebaiknya tes HIV bisa dilakukan 4 minggu setelah kemungkinan tertular dan konfirmasi 3 bulan setelahnya. Anda dapat mendatangi rumah sakit yang memiliki fasilitas klinik VCT (Voluntary Conseling and Testing) jika merasa memiliki resiko terinfeksi HIV. Layanan ini bersifat sukarela dan rahasia. Sebelum dilakukan tes, Anda akan diberikan konseling terlebih dahulu tujuannya adalah untuk memberikan informasi tentang HIV. Gejala virus HIV menurut perjalanannya :

    1. Fase akut : muncul 2-4 minggu setelah terinfeksi dan gejala yang muncul tidak khas seperti demam, sakit kepala, pembesaran kelenjar getah bening, mudah lelah.
    2. Fase laten : Pada fase ini seseorang yang terinfeksi virus HIV tidak akan menunjukan gejala dan dapat hidup seperti biasa. Fase ini umumnya berlangsung 1-10 tahun.
    3. Fase AIDS : Fase akhir dari infeksi HIV dimana sistem kekebalan tubuh manusia akan rusak dan jatuh pada keadaan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrom) kumpulan gejala penyakit akibat sistem kekebalan tubuh yang rusak seperti demam dalam jangka waktu lama dan berulang, diare lebih dari satu minggu tanpa sebab yang jelas, berat badan turun drastis, infeksi saluran pernafasan, dll
    Untuk informasi lebih lanjut mengenai HIV, baca artikel terkait : HIV-AIDS Semoga membantu, dr. Rievia