Tanya Dokter

  • sakit setelah kencing disertai perut kembung dan kaki bengkak

  •  Rifa89
    Anggota

    Dok saya baru menikah 3 minggu yang lalu

    Minggu ke 3 ini, saya baru merasakan sakit "selelah BAK" ( buang air kecil) aroma air seninya seperti aroma obat padahal saya tidak mengkonsumsi obat apa pun serta berwaran kecoklatan, kemudian nyeri dibagian paha atas, pinggang bagian belakang serta kaki saya bengkak seperti orang yang sedang hamil. Perut kembung serta gampang kenyang padahal baru makan sedikit.

    Dari gejala yang ada apakah ini kista ?

    Apa yang harus saya lakukan dok?

    Klo pun ini hal yang biasa utk pasangan baru, kenapa baru dirasakan setelah 3 minggu ??Akan kah bisa mengganggu pada saat proses kehamilan??

    Halo Rifa,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Kami mengerti mengerti mengenai kekhawatiran Kamu akan keluhan yang dialami saat ini, yaitu sakit setelah buang air kecil, aroma urin seperti aroma obat, urin berwarna kecoklatan, nyeri paha atas, pinggang bagian belakang serta kaki bengkak, perut kembung. Keluhan-keluhan tersebut dapat disebabkan oleh satu masalah kesehatan atau beberapa masalah kesehatan sekaligus. Untuk memastikannya diperlukan anamnesis (tanya jawab Dokter-Pasien), pemeriksaan fisik, dan bila perlu pemeriksaan penunjang seperti tes urin, tes darah, USG perut dan ginjal. Setelah jelas diketahui apa yang terjadi pada tubuh Kamu, maka dapat diberi penanganan yang sesuai. Mengenai apakah dapat mengganggu proses kehamilan, hal ini tergantung kepada hasil pemeriksaan Dokter dan pengobatannya.

    Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    Infeksi Saluran Kemih, hal ini umum terjadi pada pengantin baru, kapan gejala mulai dirasakan dapat bervariasi.

    Batu Kandung Kemih

    Gangguan pada Ginjal, masalah pada ginjal dapat menyebabkan bengkak pada kaki

    Radang Panggul

    Kista Ovarium

    Kanker Ovarium

    Penyakit Asam Lambung

    - Dan sebagainya

    Alangkah baiknya saat ini Kamu memeriksakan diri ke Dokter, berpikirlah positif, kelola stres psikis, tetap lakukan pola hidup sehat yaitu konsumsi makanan sehat secara teratur (porsi kecil tetapi sering), hindari makanan pedas, tinggi lemak, mengangung tomat, batasi kafein (kopi, teh, coklat, minuman soda), cukupi kebutuhan cairan (minum), perbanyak asupan buah dan sayur, rutin berolah raga, istirahat yang cukup.

    Demikian semoga bermanfaat,

    dr. Annes