Tanya Dokter

  • Apakah saya menderita meningitis?

  • Slamat malam dok,saya desta umur 23 thn,saya sminggu kmarin skit dan gejala nya sperti gejal miningitis,saya berobat dan dokter nya tidak mmberi tau pnyakit apa yg aaya derita dan dokter hanya menyaran kan agar saya ke lab untuk cek darah,menurut dokter saya hrus bagai mna? Terimakasih..

    Maaf dok knpa pertanyaan saya tidak ada balasan...??

    Halo, Meningitis adalah keadaan infeksi pada selaput otak, yang dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Pada meningitis, biasanya menimbulkan gejala dan tanda yang berat, dan berdasarkan pemeriksaan dokter harus menunjukkan trias meningitis sebagai berikut:

    1. Demam
    2. Kaku Kuduk (leher sulit ditekuk)
    3. Penurunan Kesadaran
    Gejala awal meningitis adalah demam tinggi, dan dapat disertai keadaan berikut:
    • Nyeri pada otot dan persendian, misalnya pada tangan dan kaki
    • Tangan dan kaki akan kedinginan atau bahkan menggigil
    • Kulit pucat atau muncul bintik-bintik merah yang tersebar
    • Bibir terlihat biru
    Meningitis biasanya merupakan keadaan yang berat, dan diagnosis meningitis tidak bisa ditegakkan hanya berdasarkan gejala saja, namun harus melalui pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium, CT scan, dan yang paling spesifik adalah pemeriksaan cairan serebrospinal (cairan otak dan sumsum tulang belakang). Jika gejala demam, sakit kepala, atau keluhan lainnya bertambah berat, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara ulang ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menambahkan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan laboratorium. Kemudian barulah dokter menentukan arah penyebab keluhan yang Anda alami, dan memberikan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Jangan ragu untuk bertanya, karena dokter akan dengan senang hati menjelaskan perihal kondisi Anda, dan terbuka dengan pertanyaan atau diskusi dengan Anda. Semoga membantu dan semoga lekas sembuh, dr. Agatha