Tanya Dokter

  • Onani berlebihan apakah berkaitan dengan menurunnya gairah?

  • Dok saya mw tanya apakah onani yg di lakukan brlbhn bsa mengurangi gairah ketika berhubungan intim dengan pasangan... trs aphh kh onani yg dilakukan 2mmggu Skali tlng penjelasan nya soaly saya takut tf rsa itu tk knjung hlng ktika sya mu berhubungan intim tkut kluar mknya sya mlakukn onani tlng pnjlsanya makasihh

    Hai Iko,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Onani (masturbasi) adalah tindakan merangsang diri sendiri, bisa dengan tindakan atau alat tertentu, untuk mendapatkan kepuasan seksual. Onani yang dilakukan secara berlebihan memang bisa berdampak pada menurunnya gairan seksual pada aktifitas seksual yang nyata. Mengapa bisa demikian?

    Saat terbiasa melakukan onani, otak Anda akan terbiasa menerima rangsangan yang bersifat fantasi, tidak nyata, dan cenderung tidak realistis. Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus, maka otak Anda akan memerlukan rangsangan seksual yang lebih tinggi dan lebih tinggi lagi untuk dapat terpuaskan. Jika kondisi ini dibiarkan, maka Anda akan menjadi tidak lagi tertarik untuk melakukan aktifitas seksual yang nyata. Lebih lanjut, pada pria, kondisi ini bisa berujung pada impotensi.

    Tidak ada batasan berapa kali normalnya onani boleh dilakukan. Namun, jika Anda bisa menghindarinya sama sekali, maka itu akan jauh lebih baik bagi Anda.

    Di samping menurunkan gairah seksual, onani yang berlebihan bisa juga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya, seperti:

    • Iritasi atau luka di organ intim, misalnya akibat gesekan yang berlebihan
    • Penularan infeksi menular seksual, misalnya jika Anda bergantian sex toys dengan orang lain
    • Atrofi (penyusutan) otak depan, sehingga menyebabkan:
      • Kesulitan berkonsentrasi
      • Penurunan daya ingat
      • Tidak bisa berpikir bijak
      • Cenderung berperilaku impulsif

    Karenanya, sebaiknya Anda hentikan kebiasaan onani ya.. Jika Anda belum menikah, belum siap untuk menikah, dan takut mengeluarkan ejakulasi di dalam vagina, penyelesaiannya bukan dilakukan dengan onani, melainkan dengan menghindari aktifitas seksualnya.

    Alihkan hasrat seksual berlebih Anda dengan melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, misalnya dengan bekerja, belajar, berolahraga, beribadah, bersosialisasi dengan lingkungan, dan sebagainya.

    Jika sulit menghentikan kebiasaan tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan psikiater ya..

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah