Tanya Dokter

  • Penyebab keluarnya bercak darah setelah masa nifas

  • Hai dok,, saya siti. Tgl 5 september lalu saya melahirkan anak kedua dgn jalan operasi caesar. Saat melahirkan anak yg pertama, masa nifas saya hanya 30 hari, tapi yg kedua ini saya masih ragu. Setelah 40 hari saya putuskan untuk menyudahi masa nifas, tp seminggu setelah nifas saya menstruasi selama seminggu. Setelah selesai menstruasi, kenapa ya masih saja keluar bercak darah bercampur lendir, kadang berwarna coklat kadang pula berwarna merah. Kadang berbau kadang tidak. Itu kenapa ya dok? Saya sebagai muslim jadi ragu dalam beribadah jika kondisinya seperti ini. Alhamdulillah tidak keluhan lain selain keluar darah bercampur lendir itu dok, tidak ada nyeri atau sebagainya.

    Hai Siti. Secara umum masa nifas umumnya terjadi selama sekitar 42 hari atau 6 minggu dimana biasanya perdarahan yang terjadi akan semakin sedikit  dan berkurang hingga akhirnya berhenti. Memang setiap ibu berbeda-beda masa nifasnya dimana masa ini merupakan masa dimana rahim mengeluarkan sisa perdarahan dari tempat plasenta tertanam sebelumnya. 

    Kondisi adanya bercak darah sendiri secara umum merupakan suatu pertanda dari adanya ketidakseimbangan hormonal seperti pada kehamilan, menjelang menstruasi, masa subur, kelelahan. Jika perdarahan atau bercak darah ini berbau busuk, maka perlu dicurigai adanya infeksi.

    Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Hal yang dapat anda lakukan adalah, mengingat anda juga baru melahirkan yakni 

    1. Jaga nutrisi yang anda asup terutama jika anda menyusui dimana perlunya konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, perbanyak minum air putih 

    2. Hindari aktivitas atau pekerjaan berat

    3. istirahat cukup dan kelola stres 

    Berikut mengenai pengetahuan paska melahirkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa