Tanya Dokter

  • Tangan dan kaki bergetar setiap hari

  • Dokter,saya perempuan usia 19 tahun. Tanpa saya sadari bagian tubuh saya yaitu tangan dan kaki sering bergetar setiap hari tanpa sebab yang jelas. Hal ini telah berlangsung sejak saya masih di sekolah menengah pertama, dan satu hal lagi saya sering kesulitan dalam mengingat nama, kata, dan cepat melupakan sesuatu dln hitungan menit. Terkadang saya melupakan rencana2 saya seperti:"apa yang tadi ingin saya lakukan". Apakah hal2 trsbt mrupakan gejala2 penyakit tertentu? Apa yg harus saya lakukan sbagai bentuk pencegahan? Trimakasih.

    Hai,   Bergetarnya salah satu bagian tubuh dikenal dengan istilah tremor dalam dunia medis. Tremor merupakan bentuk kontraksi otot ritmis yang timbul tanpa disadari. Tremor bisa muncul sebagai bagian dari suatu kondisi atau bagian dari suatu penyakit tertentu dalam tubuh. Tremor bisa dipicu oleh kondisi seperti :

    1. Stress berat yang lama.
    2. Kelelahan.
    3. Gangguan tiroid.
    4. Lesi / tumor pada otak.
    5. Intoksikasi kafein.
    6. Efek obat obatan.
    7. Cedera pada otak.
    8. Hipoglikemi.
    9. Kecemasan.
    10. Parkinson.
    11. Hidrocephalus dengan tekanan kepala normal.
    12. Lewi bodies.
    13. Dll.
    Untuk mengetahui apakah gejala tremor Anda berkaitan dengan gangguan ingatan Anda maka pemeriksaan dan tes medis terpadu akan dibutuhkan. Beberapa tes media terkait seperti tes darah, tes urin, CT SCAN, MRI dll akan diperlukan untuk memperjelas penyebab pasti keluhan Anda. Dengan begitu penanganan bisa diberikan sesuai dengan keluhan Anda. Anda bisa mengurangi keluhan Anda dengan melakukan :
    1. Istirahat yang cukup.
    2. Jaga pola makan teratur dan bergizi.
    3. Olahraga.
    4. Kendalikan berat badan.
    5. Belajar memfokuskan pikiran dengan melakukan meditasi, tes asah otak dengan metode sudoku / TTS.
    6. Menghindari melamun.
    7. Buat jurnal tentang apa yang akan Anda lakukan. Dan buat prioritas.
    8. Kelola stress dengan baik.
    Baca topik Tremor. Semoga membantu.   Dr. Yusi