Tanya Dokter

  • Demam pada anak

  •  irkhamkhafidi
    Anggota
    Selamat malam dok,anak saya berumur 18bln ini sudah sakit selama 5hari,penyakitnya itu demam,batuk dan BAB nya agak ke coklatan,sudah saya bawa ke dokter tapi masih belum menunjukkan tanda membaik,setiap habis di beri obat parasetamol itu demamnya menurun,tapi selang beberapa jam demamnya kembali lagi,dan anak saya juga sering muntah lebih dari 2x dalam sehari,gejala apakah yang terjadi pada anak saya dok ? Mohon bantuannya

    Hallo Irkhamkhafidi

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Menurut asumsi saya, kondisi utama yang terjadi pada anak anda adalah demam. Demam sendiri merupakan peningkatan suhu tubuh diatas 38 derajat celcius, dimana bisa terjadi karena berbagai macam hal seperti infeksi atau dehidrasi. Jika terjadi infeksi pada anak anda, maka anda perlu memahamil bahwa gejala awal dari suatu bentuk infeksi memang sering menyerupai gejala flu (flu-like symptoms). Jadi pada awal suatu infeksi, anak anda bisa mengalami gejala batuk pilek, demam, mual-muntah, badan lemas, pusing dan sebagainya. Hal ini merupakan sesuatu yang umum terjadi pada proses infeksi. Jadi bisa saja kondisi demam yang anak anda alami disebabkan karena adanya proses infeksi pada tubuh anak anda. Pada awalnya memang gejala infeksi ini tidak spesifik, namun seiring dengan berjalannya proses infeksi maka akan muncul gejala spesifik sesuai dengan penyebab infeksi. Misalnya pada demam berdarah akan muncul mimisan, pada peradangan saluran nafas akan muncul juga pembesaran kelenjar getah bening pada leher, atau gangguan pada saluran cerna seperti yang terjadi pada penyakit tifus (demam tifoid) dan muncul gejala lain tergantung penyakit yang dialami. Idealnya jika seseorang telah mengalami demam selama  3 hari berturut-turut, maka sebaiknya harus diperiksakan pada dokter dan jika diperlukan maka anak anda akan mendapatkan pemeriksaan penunjang laboratorium untuk mengetahui penyebab demam yang dialami anak anda. Jika keluhan demam ini cukup mengganggu maka anda dapat memberikan penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen pada anak anda. Untuk konsumsi obat lain maka akan bergantung pada penyebab kondisi yang anak anda alami. Misalnya jika anak anda mengalami mula-muntah, maka sebaiknya diberikan obat untuk mengurangi kondisi mual-muntah tersebut dan juga pemberian antibiotik jika dianggap perlu oleh dokter. Kondisi buang air besar berwarna gelap, kecoklatan atau kehitaman, bisa menunjukkan adanya proses perdarahan pada saluran cerna bagian atas. Untuk memastikan kondisi ini diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter, tidak cukup hanya dengan tanya jawab yang dilakukan seperti sekarang ini. Karena memang sulit mendiagnosa keluhan anak anda tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter, maka saran saya sebaiknya anda segera memeriksakan anak anda pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi anak anda:

    • Istirahatkan anak anda di tempat tidur.
    • Pastikan asupan cairan harian anak anda cukup, karena kondisi dehidrasi bisa menyebabkan peningkatan suhu tubuh.
    • Pada kondisi mual-muntah seperti yang dialami anak anda, nafsu makan biasanya berkurang. Jangan paksa anak anda untuk makan dalam jumlah porsi satu kali makan yang besar. Berikan porsi makan yang lebih kecil namun diberikan lebih sering, sehingga keperluan asupan nutrisi harian terpenuhi.
    • Minum multivitamin untuk menambah daya tahan tubuh.
    • Berikan obat penurun demam sesuai anjuran. Jika demam masih berlangsung, anda dapat melakukan kompres hangat pada anak anda untuk membantu menurunkan demam.

    Sebaiknya segera periksakan anak anda untuk mengetahui penyebab pasti kondisi anak anda dan anak anda mendapatkan penanganan yang sesuai.

    Semoga jawaban ini membantu.

    dr. Aldy Valentino