Tanya Dokter

  • sering sendawa disertai jantung berdebar dan perut buncit

  •  Linbrill
    Anggota
    Slmt malam Saya lintang umurnya 17th akhir2 ini saya sering sekali bersendawa, sulit bab, pusing, mual, jantung berdebar seperti sulit bernafas, perut sebah dan buncit Kira2 saya terkena penyakit apa ya dok? Terima kasih

    Halo Linbrill......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Semua gejala yang Anda alami kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan yang terkait sistem pencernaan, yang dalam bahasa medis disebut sebagai konstipasi atau orang awam menyebutnya sebagai sembelit.

    Konstipasi merupakan kondisi sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa benar - benar tuntas, atau tidak bisa sama sekali. Secara umum, seseorang biasanya dianggap mengalami konstipasi apabila buang air besar Kurang dari tiga kali dalam seminggu.

    Gejala utama konstipasi sendiri yaitu kesulitan buang air Besar, Sementara gejala yang lain dapat menyertai adalah : perut terasa kembung, mual, tidak nafsu makan, sakit dan kram pada perut === terutama perut bagian bawah, sering bersendawa, dll.

    Konstipasi umumnya disebabkan oleh pola makan yang buruk seperti kurangnya mengonsumsi serat atau kurang minum. Akan tetapi kondisi berikut ini juga dapat menyebabkan konstipasi, yaitu : jarang melakukan olahraga atau kurang aktif, mengabaikan keinginan untuk buang air besar, merasa tidak leluasa saat menggunakan toilet, kekurangan atau kelebihan berat badan, cemas atau depresi, memiliki kondisi medis tertentu ( seperti : gangguan pada kelenjar tiroid, penyempitan usus, kanker usus besar, dll. ), mengonsumsi obat - obatan yang memicu hal ini.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan melakukan pola hidup sehat diantaranya adalah : makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, perbanyak makan buah dan sayur, minum air putih minimal 2 Liter perhari, perbanyak waktu berolahraga, kelola stres psikologis, jaga tubuh ideal, hindari menahan keinginan untuk buang air besar.

    Jika setelah melakukan cara - cara di atas kondisi yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan kepada anda untuk segera menemui dokter spesialis penyakit dalam, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KONSTIPASI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati