Tanya Dokter

  • Kutil seperti jerawat di testis

  • suami saya memiliki semacam kutil di bagian kantung testis,,bentuknya seperti jerawat,,cuma ukuran agak besar dari jerawat,,banyaknya 2 atau 3 kutilan,kalo di pecahkan isinya persis seperti jerawat pada umumnya,yaitu nanah,,,cuma gx mudah pecah,,ini sudah ada semenjak dia masih lajang,,dan tidak ada keluhan seperti sakit atau gejala lainnya,,untuk urusan seksual gx ada masalah bahkan boleh dikatakan diatas rata-rata,dan dia pun menjawab jujur,,gx pernah melakukan sek bebas,,atau semacamnya,,..karna pertanyaan yang saya ajukan atas persetujuan suami saya,,pertanya an saya,, 1.apa penyakit suami saya termasuk penyakit menular?? 2.apakah ada hubungannya dengan nafsu seksualnya yg cukup tinggi??

    atas jawaban yg dokter berikan,,saya dan suami saya mengucapkan terima kasih

    Halo, Untuk memastikan apakah sebenarnya keluhan suami Anda, seorang dokter harus melakukan pemeriksaan secara langsung. Karena setiap lesi pada kulit pasti memiliki karakterisitik tersendiri, sehingga dengan melihat secara langsung akan memudahkan seorang dokter untuk membuat suatu diagnosis. Bila setelah melihat ternyata lesi pada kulit tersebut memiliki beberapa diagnosis banding, maka untuk menegakkannya dibutuhkan pemeriksaan penunjang. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab dari keluhan suami Anda :

    • Kutil kelamin
    • Folikulitis
    • Molluscum kontangiosum
    • Kista
    • Bintik fordyce
    • Dll
    Sampai mendapatkan diagnosis pasti, maka keluhan suami Anda dapat dianggap sebagai penyakit yang dapat menular. Selain itu tidak disarankan untuk memecahkan benjolan tersebut karena ditakutkan akan menimbulkan infeksi dan darah atau cairan yang keluar dapat menjadi media penularan. Nafsu seksual yang tinggi tidak berhubungan dengan keluhan yang suami Anda alami saat ini. Silahkan memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mengetahui apakah penyebab dari keluhan suami Anda. Semoga dapat membantu, dr. Tri