Tanya Dokter

  • Gejala penyakit apakah yang saya alami?

  • Ass wr wb. Dok sya mau tanya saya bnyak sekali keluhan di hampir seluruh organ tubuh sya pernah sakit..sya sudah konsul dan berobat kurng lebih ada 3 dokter 1 dr umum dan 2 dr penyakit dalam pemeriksaan cek lab dan usg ambodemen cek jantung(semua normal)..tp semuanaya kurng memuaskan dan kurng bisa memastikan penyakit apa yg sya derita karena tubuh sya sakit dok meski dr menyatakan normal.. -Yg saya keluhkan dan rasakan.pas pertama thn 2013 bln sept sya sakit dari lambung(emang sya udah biasa krna sya punya maag) tp yg ini beda perut terasa bengkak dan suka ada kya alergi gitu d perut terus ilang lagi..terus sya berobat ke dr umum tp tdk smbuh dan sprti sdah kebal dan lekas ke dr dalam malah tamabah sakit di perut bawah kanan tp itu sya rasa dari obat dr..stlah itu syaa berrobat lg dan obat itu d hentikan..dan sya usg d Rs karena suka sakit d bag bawah sya takut ginjal dll..tp hasil cek normal alhmdllahnya...tp sya suka msih sakit di bag bwh perut itu..sya coba obat herbal dari propolis dan juga suka minum air kelapa.nah alhmdulilah mendingan sampai bln maret 2015...stlah sya merasa sehat bln sept 2014 sya mulai merokok pas bln maret 2015 tenggorokan sya sakit dan kaya ada yg menghalangi trus sya hentikan merokok..dan berobat ke dr dalam..dan d ksih obat antibiotik yg harus hbis 1 minggu.stlah itu mendin paling rsa skitnya 20%nan..tp sakit kembali sampai sekarang parahnya sampai sakit dada ke paru....kmarin terakhir periksa k dr dalam di katakan pesikis.... *Cat..dr pernah mendiagnosa. 1.dr umum (mag, penyakit traumatis),2 dr dalam (radang ginjal, sering minum antibiotik dan pernah tdk habis),3dr dalam pesikis,,,tp yg terakhir keluhan dari tngorokan dan dada sya belum periksakan lebih lanjut..rencan kedepan ke THT..JD kesimpulannya gmna dok yg sya alami seperti yg sya ceritkan d atas..saya mau pencerahan dan ingin sembuh..dok..alhmdllah mag normal dan skit d bawah perut mendingan...kdang skait sendi mudah lelah,dan yg palih d keluhkan skit tnggorokan dan d dada pau2..

    Hai Bagus, Tubuh terdiri dari dua yaitu psikis (pikiran) dan fisik (tubuh). Ada penyakiy yang dinamakan psikosomatis yaitu disaat psikis (pikiran) kita sedang stress atau berfikiran bahwa kita sakit maka tubuh kita juga dapat serta merta menjadi sakit. Jika semua yang diperiksa oleh dokter adalah dalam keadaan normal, seperti pemeriksaan fisik dan rontgen atau USG dalam keadaan normal maka bisa saja keluhan yang anda alami adalah psikosomatis. Gangguan psikosomatis adalah faktor fisiologis yang merugikan, mempengaruhi kondisi medis seseorang. Faktor psikologis tersebur dapat berupa gangguan mental, gejala psikologis, sifat kepribadian atau gaya mengatasi masalah dan perilaku kesehatan yang mal-adaptif. <div class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;">Gangguan psikosomatik adalah gangguan atau penyakit dengan gejala-gejala yang menyerupai penyakit fisik dan diyakini adanya suatu hubungan yang erat antara peristiwa psikososial tertentu dengan timbulnya gejala-gejala tersebut.</div> <div class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;">Para pakar kedokteran psikosomatis menyadaro]i kesatuan dari pikiran dn tubuh serta interaksi diantara keduanya, dimana faktor psikologis penting dalam perkembangan semua penyakit. Namun peranannya dalam memulai perkembangan, memprberat penyakit, predisposisi atau reaksi suatu penyakit masih dalam perdebatan.</div> <div class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;">Ditempat praktek dokter sehari-hari banyak pasien hanya menonjolkan keluhan fisik saja tanpa memberitahukan keluhan psikis seperti stress, capek, dsb padahal keluhan psikis tersebut yang memicu keluhan fisik dari penderita.</div> <div class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"></div> Ada beberapa gangguan spesifik yang bisa menyebabkan gangguan fisik, seperti:

    • Gangguan jantung
    • Gangguan sistem pernafasan
    • Gangguan sistem endokrin seperti hipertiroid, diabetes,
    • Gangguan kekebalan tubuh seperti terjadinya infeksi dan alergi
    • Gangguan kulit
    • Nyeri kepala
    • dll
    Pada penderita psikosomatis sebaiknya diberikan juga terapi psikis atau psikoterapi dan bukan hanya obat-obatan fisik, karena malah akan memperburuk gejala yang ada. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda dan memberitahu semua keluhan psikis (pikiran) anda sehingga dokter anda dapat merekomendasikan pengobatan selanjutnya untuk anda. Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit   <div class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"></div>   <div class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"></div>   <div class="MsoNormal" style="text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"></div>