Tanya Dokter

  • demam, pusing, lesu, dan tidak nafsu makan

  • siang dok...sejak hari sabtu pagi sampai hari senin ini, Setiap malam saya demam, kepala saya sakit dan pusing, tidak enak badan, lesu dan juga tidak nafsu makan. Apakah semua gejala itu termasuk gejala tipes??..demikian pertanyaan saya dok..terima kasih.

    Hello, Demam yang dirasakan setiap malam bisa merupakan salah satu gejala demam tifoid yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam usus. Namun gejala tersebut tidak selalu disebabkan oleh penyakit tifoid. Banyak sekali penyakit yang dapat memberikan gejala yang serupa, antara lain:

    1. Demam berdarah dengue
    2. Demam chikungunya
    3. Common cold
    4. Infeksi virus lainnya
    5. Hepatitis
    6. HIV-AIDS
    7. Infeksi bakteri lain
    8. Infeksi saluran kemih
    9. Dehidrasi
    10. Penyakit autoimun
    11. Kanker
    12. dan lainnya
    Demam, sakit kepala dan sakit seluruh badan dapat terjadi hamper oleh semua penyakit. Oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang laboratorium darah dan atau urin sesuai indikasi. Berikut adalah laman yang membahas gejala demam secara umum: http://www.alodokter.com/demam/ Sedangkan demam tifoid atau yang banyak dikenal sebagai tifus pada masyarakat awam merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman yang bernama Salmonela sp. yang masuk melalui saluran pencernaa. Gejala yang ditimbulkan antara lain:
    1. Demam
    2. Pusing
    3. Sakit seluruh badan
    4. Diare atau tidak dapat buang air besa (BAB)
    5. Mual - muntah
    6. dan lainnya
    Biasanya dokter akan memberikan obat penurun demam untuk sementara karena demam yang Anda rasakan baru 3 hari. Dokter akan menganjurkan melakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi ada tidaknya demam tifoid pada hari ke 5 demam, karena jika dilakukan dibawah hari ke 5, biasanya hasil dari laboratorium tidak valid. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai demam tifoid dapat Anda akses laman berikut: http://www.alodokter.com/tifus/ Anda dapat melakukan hal berikut ini dirumah untuk mengurangi gejala yang Anda rasakan sebelum datang memeriksakan diri ke dokter:
    1. Istirahat yang cukup
    2. Minum air putih yang banyak
    3. Kompres tubuh dengan air hangat
    4. Makan makanan lunak yang tidak asam dan tidak mengandung tinggi serat untuk sementara
    5. Minum obat penurun panas yang berlogo lingkaran hijau seperti paracetamol sesuai anjuran
    Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean