Tanya Dokter

  • Sakit dan ngilu di kepala yang menjalar hingga ke belakang telinga

  • Saya Sarah, Dok. Umur saya 20 tahun. Saya ingin menanyakan, beberapa kali saya sering merasa seperti linu pada kepala, sampai kepala saya sakit dan kadang saya merasa kepala saya seperti terkena stroom sampai sakit ke tulang belakang telinga. Gejala yang saya alami termasuk gejala dari diagnosa apa dok? Apakah ada hubungannya dengan meningitis? Terima kasih.

    Sarah Dewi Puspa  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Sarah, Terdapat beberapa penyebab nyeri kepala, yakni : 1. Nyeri kepala primer (tanpa adanya penyakit yang mendasari) - Nyeri kepala tipe tegang (sakit kepala, disertai rasa kencang dan tegang di kepala hingga leher) - Nyeri kepala migraine (nyeri kepala sebelah, berdenyut) - Nyeri kepala cluster (nyeri hebat di kepala, umumnya dirasakan dibelakang mata) 2. Nyeri kepala sekunder (terdapat penyakit yang mendasari - Kelainan di saraf pusat (meningitis / radang selaput otak, meningoensefalitis / radang selaput dan jaringan otak, perdarahan di dalam kepala, peningkatan tekanan otak, pelebaran pembuluh darah otak, tumor otak) - Kelainan di mata (mata minus dengan perbedaan minus antar mata yang besar, glaukoma / tekanan bola mata yang tinggi) - Kelainan THT (infeksi telinga, sinusitis / radang pada rongga sinus, dsb) - Kelainan rongga mulut (masalah gigi, infeksi jaringan sekitar rongga mulut) - Kelaian pada saraf dan kulit wajah (herpes zoster / dompo pada wajah, neuralgia trigeminal / nyeri saraf wajah) - lain-lain : gangguan emosional (kecemasan, panik, stress emosional, dsb), asupan makanan tertentu (Misal MSG, makanan kaya tiramin seperti keju) Meningitis/radang selaput otak dapat menyebabkan nyeri kepala. Gejala lainnya antara lain demam dan kaku kuduk serta mual muntah. jika mengenai jaringan otak maka disebut meningoensefalitis dan dapat menyebabkan kejang, penurunan kesadaran,  kelemahan anggota gerak, kesulitan bicara, gangguan menelan dan berjalan. Beberapa pasien mengalami gejala sisa meningitis, termasuk sakit kepala (post meningitis headache) yang kadang dapat berlangsung hingga berbulan-bulan. Karena bervariasinya penyebab nyeri kepala, saya menyarankan anda untuk menemui dokter spesialis saraf, terutama jika nyeri kepala telah berlangsung cukup lama dan berulang (kronik). Disana anda akan diwawancara dengan mendalam, menjalani pemeriksaan fisik dan penunjang. Pada keadaan tertentu anda mungkin disarankan untuk menjalani tes laboratorium dan pencitraan seperti foto ronsen dan CT scan. Pada kasus yang diduga meningitis pemeriksaan cairan otak dapat dilakukan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah nyeri kepala Beberapa makanan yang perlu dihindari Informasi tambahan mengenai sakit leher Demkian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.   dr. Rico Novyanto

    Sarah Dewi Puspa  royagus
    Anggota

    Sarah Dewi Puspa May 18, 2015 at 10:57 pm Saya Sarah, Dok. Umur saya 20 tahun. Saya ingin menanyakan, beberapa kali saya sering merasa seperti linu pada kepala, sampai kepala saya sakit dan kadang saya merasa kepala saya seperti terkena stroom sampai sakit ke tulang belakang telinga. Gejala yang saya alami termasuk gejala dari diagnosa apa dok? Apakah ada hubungannya dengan meningitis? Terima kasih.
    Saya mengalami hal yang sama dengan Mbak Sarah, apakah Mbak telah mendapatkan penyebab sakit tersebut. Mohon infonya Mbak, terima kasih.