Tanya Dokter

  • Perut kembung dan diare

  •  Edward S
    Anggota
    Slmt pgi dok Ne dok saya mw nanya. Teman saya punya keluhan. Dulu dia bisa makan mie instan ataupun minum kopi/tehmanis mskpun perutnya masih kosong alias blm diisi nasi. Nah klo skrng, sudah sebaliknya dok. Dia hrs makan nasi dlu baru brani minum kopi/teh manis ataupun makan, mie. Kalau tidak, perutnya akan begah/kembung. Dan selang brpa jam akan minta BAB. dan fesesnya biasanya tidak keras alias setengah diare. Knp bsa demikian dok? Tindakan apa yg hrs dlakukan tmn saya ini? Adakah obatnya? Mhn pencerahannya ya dok. Trims

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, bila mengkonsumsi kopi dan mie instan mengalami keluhan seperti yang dirasakan, maka pengobatan yang pasti adalah menghindari makanan dan minuman ini. 

    Kedua jenis makanan ini dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan pencernaan, sehingga memicu keluhan begah, nyeri perut, mual, sampai BAB lembek. Dengan mencegah makanan dan minuman yang mengiritasi ini, maka diharapkan kondisi pencernaannya akan tetap baik dari resiko begah dan mual.

    Selain pencegahan terhadap makanan, tidak baik kiranya mendapatkan pengobatan terus menerus atau pengobatan bila perut begah, karena hal ini tidak akan memecahkan masalah utamanya. Pencegahan merupaan hal terpenting dari keluhan ini. 

    Selain itu, perlu diperhatikan beberapa hal, seperti:

    1. menghindari stres

    2. menghindari kelelahan fisik

    3. menghindari makan tidak tepat waktu

    4. menghindari tidur larut malam

    5. meningkatkan konsumsi makanan sehat, seperti sayur, buah, susu, ikan, daging

    6. menghidanri makanan pedas, mie, bakso, kopi, soda, nasi goreng, pecel atau makanan apapun yang meningkatkan keluhan begah

    Bila keluhan ini menetap, sebaiknya Anda menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter keluarga atau ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti pemeriksaan darah dan pemeriksaan USG.

    Perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gastritis.

    dr. Ulfi