Tanya Dokter

  • Pengaruh air dingin terhadap peningkatan berat badan

  • Apa minum air mineral dingin(kulkas) jika sering minum air mineral dingin malah bikin gemuk susah kurus

    Hai Via Olivia Agustini, Terimakasih telah bertanya ke Alodokter Meminum air putih adalah salah satu cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan. Banyak minum juga berperan dalam menjaga berat badan. Saat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, tubuh akan terhindar dari dehidrasi (kurang cairan), sehingga sel-sel dan jaringan bisa bekerja secara normal. Dengan demikian, maka kita bisa tetap aktift beraktifitas dan berolahraga untuk menjaga berat badan. Selain itu, mengkonsumsi cukup cairan pun bisa membantu menunda rasa lapar, sehingga mencegah seseorang makan berlebihan. Anggapan bahwa mengkonsumsi air dingin (dari kulkas) bisa menyebabkan kegemukan sebenarnya keliru. Beberapa penelitian justru membuktikan sebaliknya. Konsumsi air dingin justru lebih dianjurkan bagi orang yang sedang melakukan diet menurunkan berat badan. Hal ini karena, saat mengkonsumsi air dingin, tubuh akan membakar kalori lebih banyak untuk meningkatkan suhu tubuh. Pembakaran kalori ini akan diperoleh dari pembakaran lemak tubuh, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, jumlah kalori ini tidak terlalu signifikan. Diperkirakan, dengan mengkonsumsi air dingin 8-10 gelas perhari, jumlah kalori yang terbakar untuk meningkatkan suhu tubuh hanya berkisar 64 kal. Hal ini hanya sebanding dengan berolahraga selama 5-15 menit sehari. Jadi kesimpulannya, sesungguhnya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara mengkonsumsi air dingin atau air hangat bagi berat badan. Yang terpenting adalah, tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh yang cukup 1,5 - 2 liter perhari agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Selain itu, untuk membantu menurunkan berat badan, Anda pun perlu menjalani pola hidup yang sehat, jadi tidak sebatas mengkonsumsi cairan saja. Anda bisa coba tips-tips berikut:

    • Biasakan makan secara teratur, dalam porsi sedikit-sedikit 3x sehari
    • Perbanyak sayur dan buah-buahan
    • Batasi konsumsi makanan tinggi kalori, seperti nasi putih, camilan, lemak, jeroan, es krim, susu, alpukat, dsb
    • Beri jeda 2-3 jam setelah makan dan sebelum tidur
    • Jangan terlalu banyak duduk
    • Berolahraga teratur 30-45 menit sebanyak 3-4x seminggu, seperti jogging, senam lantai, angkat beban, renang, dsb
    • Kendalikan stres dengan bijak
    Untuk informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter ahli gizi ya..   Semoga membantu, dr. Nadia Nurotul Fuadah