Tanya Dokter

  • Gerakan di dalam kulit

  • dok saya mau tanya ni, didalam kulit saya khususnya kulit belakang saya terasa ada yang bergerak dok seperti cacing yang merayap, sangat terasa sekali dok pergerakannya berpindah-pindah. apakah ini benar cacing dok atau apa? dan bagaimana cara menanganinya sekaligus obatnya dok? terima kasih.

    Halo, Gejala kulit belakang seperti ada yang bergerak tidak terlalu khas. Gejala tersebut dapat diikuti dengan gejala-gejala lain seperti gatal dan panas, ruam berupa kulit kemerahan, papul (benjolan-benjolan kecil,dll). Adapun penyebab yang mungkin dari keluhan Anda adalah invasi cacing tambang (cutaneus larva migrans), dengan gejala gatal dan panas pada malam hari dengan lesi berupa bintik membentuk seperti terowongan yang berkelok-kelok/mengular. Dapat dirasakan di kaki, punggung kaki, bokong, genital, tangan dan kaki. Umumnya penderita memiliki riwayat berjemur dan berjalan tanpa alas kaki. Pengobatan diberikan dengan obat-obat cacing seperti thiabendazole. Penyebab lain yang mungkin dari keluhan Anda adalah:

    • skabies, terasa gatal terutama di sela-sela jari, pinggang, ketiak, sekitar payudara
    • dermatitis/eksim kontak alergi
    • gigitan serangga
    Untuk mengetahui penyebabnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit. Gambaran kelainan di kulit akan dilihat dan diperiksa, pemeriksaan seperti tes darah dan lesi kulit yang diperiksa di bawah mikroskop dapat dilakukan sesuai indikasi. Artikel ini dapat dibaca; Cacing tambang Semoga membantu, dr.Miranti Iskandar