Tanya Dokter

  • Pusing, sesak napas, perut tidak nyaman, gelisah, jantung berdebar, dan mudah lelah

  • Selamat malam dok, Sudah sekitar 6 bulan saya mengalami pusing, sesak nafas , perut tidak enak , gelisah , jantung berdebar, mudah lelah , kalau jalan-jalan sering masuk angin dan pusing di jalan, dan itu sangat mengganggu , padahal makan saya teratur aja, solusi nya bagaimana dok ?

    Erpan Firdaus Abrari  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Erpan, GERD atau penyakit refluks asam lambung merupakan masalah yang cukup umum ditemukan di masyarakat. Berikut adalah tautan artikel mengenai GERD dan diskusi GERD Selain akibat melemahnya otot sphingter bawah esofagus, yang membatasi antara esofagus dan lambung, masalah psikis juga merupakan salah satu penyebab meningkatnya asam lambung. Cemas, keluhan otonom (seperti :jantung berdebar, perut tidak enak), dan keluhan organik (seperti :pusing+mudah lelah) merupakan trias cemas menyeluruh.  Sangat disarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan wawancara mengenai riwayat penyakit Anda, dilakukan pemeriksaan fisik, dan apabila diperlukan, akan dilakukan pemeriksaan penunjang. Apabila dengan obat-obatan lambung dan dengan menjaga pola makan masih tidak membaik, Anda dianjurkan untuk lebih relaks. Demikian, semoga membantu dr. Rico Novyanto  

    Terima kasih dok,,, Tapi apalah penyakit saya ini termasuk sudah kronis ?? ,, Dan kalau berobat , ke dokter spesialis apa yah dok ??

    Erpan Firdaus Abrari  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Erpan, Umumnya batasan suatu penyakit kronis atau tidak berdasarkan jangka waktu berlangsungnya penyakit tersebut (tanpa disertai fase sembuh), yaitu :

    • lebih dari 3 bulan disebut kronis,
    • kurang dari 3 minggu disebut akut, dan
    • antara 3 minggu-3 bulan disebut sub-akut
    Catatan : meskipun tidak menutup kemungkinan terminologi durasi lainnya dari suatu penyakit tertentu (misal: gagal ginjal kronik bila berlangsung minimal 6 bulan) Pertama, disarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam (internis) untuk memastikan benar atau tidak terdapat gangguan dari keluhan jantung berdebar, tidak enak di perut, mudah lelah, dll, yang Anda alami. Pada saat memeriksa Anda, internis akan mewawancarai riwayat penyakit Anda, melakukan pemeriksaan fisik, dan beberapa pemeriksaan penunjang sesuai dengan indikasi dari keluhan Anda. Mungkin Anda akan diberikan pengobatan terlebih dahulu,bila tidak ada perbaikan gejala selama 8 minggu, yang disertai dengan penurunan berat badan, anemia, mual, muntah, nafsu makan menurun, maka internis akan melakukan pemeriksaan penunjang, seperti urea breath test UBT dan endoskopi. Demikian, semoga membantu dr. Rico Novyanto

    Selamat malam dok . saya mau nanya dok obat apa yang cocok untuk mengobati asam lambung saya dok , dan juga makanan apa saja yang bisa saya produksi dok. sebab udah 1 bulan lebih saya merasa sesak napas, pikiran tidak fokus , meriang , dan mengeluarkan kringat dingin dok , mohon dikasih saran dok !!!