Tanya Dokter

  • Lemas, tangan kesemutan dan sesak nafas

  •  Shofiyyah
    Anggota
    Assalamualaikun dokter, Sabtu dua minggu yang lalu saya tiba-tiba merasa lemas, kedua tangan terasa kesemutan dan sesak nafas. Akhirnya saya dilarikan ke ugd dan opname selama 7 hari. Waktu di rumah sakit saya di vonis memiliki asam lambung tinggi dan tipes. Saya minta pulang paksa karena merasa badan sedikit enakan. Kemudian setelah saya pulang sampai sekarang pagi saya merasa baik-baik saja kadang lemas, bila sore saya demam, bila malam tenggorokan saya terasa mengganjal saya sesak nafas terkadang disertai pusing. Kemarin saya tes darah lagi. Hasilnya darah saya terlalu encer dan hb saya rendah, trombosit normal dan tipes negatif. Kira-kira saya sakit apa ya?

    Halo Shofiyyah, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gejala lemas dapat disebabkan oleh banyak kemungkinan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

    1. Infeksi akut oleh virus, bakteri, parasit, ataupun jamur. Infeksi dapat terjadi di mana saja, di saluran nafas, saluran cerna, hati, ataupun di darah. Infeksi di setiap organ bisa memberikan gejala lemas disertai dengan gejala lain yang berbeda-beda pada setiap organ.
    2. Penyakit kronis seperti infeksi kronis (misalnya TBC), keadaan peradangan kronis, kanker, penyakit paru obstruktif kronis, penyakit ginjal dan hati kronis, diabetes
    3. Penyakit autoimun seperti lupus, multiple sklerosis, polymyalgia rheumatica, rheumatoid arthritis, penyakit celiac, dan lain-lain
    4. Gangguan hormon tiroid, bisa hipertiroid (kelebihan) ataupun hipotiroid (kekurangan)
    5. Anemia atau kekurangan darah
    6. Gangguan elektrolit
    7. Hipoglikemia (gula darah rendah) dan hiperglikemia (gula darah tinggi)
    8. Kurang tidur dan istirahat
    9. Efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu
    10. Penggunaan alkohol dan obat terlarang
    11. Aktivitas fisik yang berlebihan
    12. Kurang tidur dan istirahat

     

    Gejala-gejala lain yang anda sebutkan adalah gejala yang kurang spesifik untuk mengarah pada penyakit tertentu, oleh karena itu ada baiknya anda kembali memeriksakan diri ke dokter. Dokter dapat menanyakan secara lebih spesifik gejala-gejala yang anda alami serta melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dapat membantu menegakkan diagnosis. Beberapa pemeriksaan penunjang yang dapat diajukan antara lain pemeriksaan darah lengkap, panel untuk anemia, apus darah tepi, elektrolit, gula darah, fungsi hati dan ginjal, rontgen dada, EKG atau rekam irama jantung, panel autoimun, panel tiroid, dan lain sebagainya. Sebaiknya segera pergi ke dokter bila anda mendapati kondisi-kondisi berikut ini:

    1. lemas semakin memberat hingga sulit beraktivitas
    2. sesak nafas semakin memberat
    3. demam lebih dari 38.5 derajat celcius yang tidak membaik setelah lebih dari 3 hari
    4. terdapat gejala gangguan neurologis seperti penurunan kesadaran, kejang, kelumpuhan anggota gerak
    5. terdapat penurunan berat badan yang signifikan

     

    Sementara itu sebelum mendapat kejelasan diagnosis anda dari dokter, anda dapat mengkonsumsi obat penurun panas seperti parasetamol bila anda demam, banyak tidur dan beristirahat, makan makanan bergizi secara teratur, serta minum setidaknya 2 liter sehari atau lebih banyak bila anda demam.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia